Home  »  News   »  
News

LINE Luncurkan LINE SQUARE, Fitur Chat Untuk Komunitas di Indonesia dan Korea

Line luncurkan LINE SQUARE
[Foto: Shutterstock/I AM NIKOM]
Pada hari Rabu, 23 Agustus, LINE Corporation secara resmi meluncurkan LINE SQUARE, sebuah fitur chat komunitas terbaru dan anonim, di Indonesia dan Korea.

Menurut siaran pers yang diterima Labana, LINE SQUARE memungkinkan para pengguna dengan minat yang sama untuk saling terhubung sekaligus tetap dapat menjaga privasi pengguna. Pengguna dapat bergabung ke dalam percakapan atau chat tanpa harus mengungkapkan identitas terlebih dahulu—membuat mereka dapat mengekspresikan pemikiran dan pendapat mengenai berbagai topik seperti kuliner, hobi, olahraga, dan musik secara lebih terbuka dan bebas.

“LINE SQUARE merupakan layanan yang ideal untuk merepresentasikan misi kami yakni ‘Closing the Distance’. Fitur ini mendekatkan pengguna berdasarkan minat mereka, kemudian terlibat dalam percakapan yang mendalam,” kata Seokho Yang, Product Manager dari LINE SQUARE.

“LINE telah berkembang menjadi platform sosial dimana pengguna bisa bertemu dengan pengguna lain yang memiliki minat yang sama hanya dengan mencari kata kunci tertentu. LINE SQUARE juga memungkinkan pengguna untuk bergabung ke dalam chatroom dengan menggunakan nama panggilan, yang dapat mendorong pengguna untuk mengobrol dengan bebas dan berbagi cerita,” tambahnya.

Logo LINE SQUARE akan muncul pada tampilan friend list atau timeline setelah pengguna LINE di Indonesia atau Korea melakukan update aplikasi LINE mereka ke versi yang paling terbaru. Dengan menggunakan LINE SQUARE, pengguna dapat membuat dan bergabung ke dalam komunitas yang dinamakan “Square” yang terdiri dari berbagai topik.


Setiap Square tidak membatasi jumlah pengguna yang ingin bergabung dan pengguna tidak perlu membagikan informasi pribadi atau bahkan LINE ID mereka ketika memilih foto profil dan nama panggilan pada chatroom. Pengguna dapat mengundang pengguna lain untuk bergabung ke dalam Square dengan menggunakan URL atau QR code. Masing-masing chatroom dapat menampung sampai dengan 5.000 anggota. Selain itu, pengguna juga dapat bergabung ke dalam chatroom yang mereka inginkan.

LINE telah menerapkan berbagai langkah pengamanan dan penanggulangan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan seluruh pengguna LINE SQUARE. Contohnya, pengguna dapat melaporkan konten sensitif dan tidak pantas yang berbentuk teks, gambar, dan video. Selain itu, LINE SQUARE juga memiliki sistem monitoring internal berupa filter otomatis pada kata-kata sensitif dan dapat melaporkan pengguna yang mengunggah konten yang tidak pantas.

LINE juga berencana untuk menghadirkan LINE SQUARE di negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Taiwan, dan Thailand, dalam waktu dekat.

LINE sendiri menawarkan layanan pesan singkat gratis—baik yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain maupun pesan grup—dan juga layanan telepon dan video call gratis, untuk domestic maupun internasional. LINE juga menawarkan beragam fitur sosial seperti stiker virtual yang popular dan emoticon yang berwarna-warni, Timeline, dan serangkaian family apps seperti LINE Games dan LINE Camera.

Cara menggunakan LINE SQUARE:

  • Perbarui aplikasi LINE ke versi 7.6.0 atau versi setelahnya.
  • Buka aplikasi LINE dan buka Daftar Grup pada daftar kontak dan klik tulisan atau logo LINE SQUARE di bagian kanan atas pada tab Timeline
  • Untuk membuat sebuah Square di LINE SQUARE, klik tombol ‘+’ pada bagian kanan atas
  • ‘My list’ menunjukkan grup tempat pengguna telah bergabung dan kategori pada bagian tengah menunjukkan peringkat pengguna di LINE SQUARE berdasarkan popularitas.
  • LINE SQUARE sudah bisa Anda gunakan.

Jika Anda sudah mencoba menggunakannya, silakan tinggalkan komentar ataupun pendapat mengenai LINE SQUARE ini. Apakah ada kesulitan? Atau mungkin ada fitur yang diharapkan bisa ditambahkan pada LINE SQUARE?