Home  »  News   »  
News

Line Messenger Luncurkan Pesaing Slack, Line Works

[Gambar: linecorp.com]
Line, layanan mobile messenger asal Jepang, kabarnya akan meluncurkan sebuah aplikasi messenger khusus untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Aplikasi yang diberi nama Line Works tersebut akan tersedia bagi perangkat Android dan iOS. Pengguna Windows dan Mac juga bisa menggunakan aplikasi tersebut pada PC mereka. Sejauh ini, belum ada informasi apakah aplikasi ini akan diluncurkan di luar Jepang, khususnya di Indonesia.


Sama dengan aplikasi utama Line, Line Works akan dilengkapi dengan fitur stiker dan beberapa fitur khusus kerjaan seperti penyimpanan cloud, kalender, dan daftar alamat. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus berlangganan layanan Line Works. Setelah menikmati promo masa percobaan selama 30 hari, pengguna harus membayar biaya berlangganan mulai dari $2,70 hingga $8,90 per bulannya (setara Rp 36 ribu hingga Rp 118 ribu).
Tentu saja, sudah banyak aplikasi serupa yang sudah hadir lebih dulu daripada Line Works. Sebut saja aplikasi seperti Slack, Facebook Workplace, dan Microsoft Teams. Namun, mengingat Naver yang merupakan induk perusahaan Line sudah memiliki 68 juta pengguna di Jepang saja, rasanya tidak mustahil bagi Line Works untuk bersaing pada pasar yang satu ini.

Pada akhir tahun lalu, Line mengumumkan bahwa aplikasi tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam segi pengguna aktif bulanan. Dari angka 220 juta pengguna aktif pada bulan Oktober 2016, Line kehilangan kurang lebih tiga juta penggunanya pada bulan Desember 2016, menjadi 217 juta pengguna aktif. Untungnya, Line terbantu dengan adanya Line Sticker, iklan, dan permainan yang mendongkrak pendapatan Line pada tahun 2016 menjadi $1,2 miliar (setara Rp 16 triliun)–naik 17 poin dari tahun sebelumnya. Dengan kehadiran Line Works, sepertinya Line ingin ‘menambal’ penurunan pada aplikasi utamanya dan memperluas jangkauan demografi pada layanannya.