Home  »  News   »  
News

Live Streaming di Facebook Kini Bisa Melalui PC

[Foto: Shutterstock]
Facebook telah mengadakan perubahan kecil namun sangat berguna. Media sosial tersebut memberi kemudahan bagi penggunanya untuk menyiarkan live broadcast video dengan menambahkan fitur pendukung yang memungkinkan dilakukannya video siaran langsung alias live streaming dari PC pengguna.

Mulai Kamis, 23 Maret 2017, seluruh pengguna Facebook di seluruh dunia bisa menyiarkan siaran video langsung dari desktop PC atau laptop mereka. Sebelumnya, pengguna hanya bisa menyiarkan video live di Facebook melalui perangkat genggam mereka.

Bagi pehobi game, Facebook juga telah menambahkan dukungan untuk perangkat keras eksternal dan perangkat lunak untuk streaming seperti OBS, Wirecast, dan Xsplit. Sebelumnya, Anda hanya bisa mengambil keuntungan dari tool tersebut hanya saat sedang live dari sebuah Page, namun kini kemampuan tersebut bisa digunakan pada profil juga. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk membagi screen mereka, memasukkan gambar, mengatur kamera, atau menggunakan peralatan profesional untuk vide0-video Facebook Live.


“Jika Anda seorang gamer, fitur baru ini membuat lebih mudah dari sebelumnya untuk streaming game-game PC Anda ke teman-teman dan pengikut dan terlibat dengan mereka saat Anda bermain,” kata manajer produk Facebook Erin Conolly dan insinyur perangkat lunak Jeff Hendy dalam keterangan tertulis mereka. “Jika Anda mengajari teman atau pengikut mengenai tutorial atau bimbingan how-to, Anda dapat menggabungkan di layar grafis, judul, dan overlay. Atau jika Anda seorang seniman, Anda bisa menampilkan video siaran langsung dengan mulus, tanpa gangguan dengan kamera, selama Anda berbicara di video tersebut.”

Untuk memulai sebuah siaran langsung dari komputer Anda, cukup klik “Live Video” dari atas feed berita Anda, kemudian ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan keterangan dan memilih audiens Anda.

“Kami ingin membuat Facebook Live menjadi platform yang menyenangkan dan interaktif, dan kami berharap update ini akan membuat lebih mudah bagi orang untuk berhubungan, bergaul, dan berbagi dengan teman-teman dan khalayak umum,” kata Cononlly.

Mengadakan fitur live streaming di desktop membawa Facebook Live melampaui Twitter dan Periscope, dan menempatkan media sosial tersebut ke dalam persaingan dengan pemain lama seperti YouTube, Ustream dan Livestream, serta startup seperti YouNow.

Menurut keterangan Facebook, memegang ponsel sambil merekam video yang disiarkan langsung pastinya tak nyaman, dan hasilnya bisa goyang serta kurang bagus.