Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Lupa Password PC Windows Anda? Gunakan Password Reset Disk untuk Ubah Password Lama Anda

[Foto: shutterstock.com]
Pada artikel sebelumnya, saya sudah memaparkan cara untuk membuat Password Reset Disk pada USB Drive sebagai langkah antisipasi jika Anda lupa dengan kata sandi PC Windows Anda. Jika skenario ini terjadi, bagaimana sebenarnya cara untuk menggunakan Password Reset Disk ini untuk mereset kata sandi Anda? Perlu diingat, password reset disk ini hanya bisa digunakan untuk mereset kata sandi pada akun pengguna lokal dan tida bisa digunakan untuk mereset kata sandi akun Microsoft. Mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mereset Kata Sandi Akun Pengguna Lokal pada PC Windows 10 dengan Password Reset Disk

Ikuti cara di bawah untuk mereset kata sandi akun pengguna lokal Windows 10 Anda dengan menggunakan Password Reset Disk yang sudah dibuat sebelumnya.


Langkah 1: Jika Anda memasukkan kata sandi yang salah pada login screen Windows 10, Anda akan melihat pesan dengan tulisan  “The password is incorrect. Try again”. Klik tombol OK.

Langkah 2: Anda kemudian akan melihat tautan Reset password. Masukkan password reset disk yang sudah Anda buat sebelumnya kemudian klik tautan Reset password.

Langkah 3: Pada kotak dialog Password Reset Wizard, klik tombol Next. Sekali lagi saya ingatkan, sebelum Anda bisa menggunakan Wizard ini, Anda harus sudah membuat Password Reset Disk sebelumnya. Kunjungi artikel ini untuk informasi lebih lanjut mengenai cara membuat Password Reset Disk.

Langkah 4: Pilih password reset disk Anda dari drop down list. Secara default, Password Reset Wizard akan melihat password reset disk yang Anda gunakan. Meskipun begitu, tidak ada salahnya mengecek kembali untuk memastikan saja dan menghindari adanya kesalahan. Lalu, klik tombol Next.

Langkah 5: Pada langkah ini, akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru untuk akun Anda. Kemudian, ketik kembali kata sandi baru dan cantumkan hint atau petunjuk kata sandi agar Anda tidak lupa lagi di kemudian hari. Klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Langkah 6: Terakhir, klik tombol Finish untuk menerapkan kata sandi yang baru dan kembali ke login screen. Pada login screen, masukkan kata sandi yang baru untuk sign in ke dalam PC Windows 10 Anda.

Selesai! Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda.