News

Lyft Prediksikan Tahun 2021 Armada Taksi-nya Akan Didominasi Oleh Mobil Swa Kemudi

[Ilustrasi: medium.com]
Penyedia layanan ridehailing, Lyft, mengatakan bahwa dalam lima tahun ke depan seluruh armadanya akan menggunakan mobil swa kemudi.

Co-founder dan presiden Lyft John Zimmer, pada postingan Medium-nya memprediksikan bahwa pada tahun 2021 seluruh kendaraan pada armada Lyft akan didominasi oleh mobil swa kemudi alias mobil otonom. Ia juga memprediksikan bahwa pada tahun 2025, mayoritas penduduk di Amerika Serikat sudah tidak akan menggunakan kendaraan pribadi lagi. Zimmer menjelaskan bahwa hal ini dibuktikan dengan semakin sedikitnya generasi muda di Amerika Serikat yang memiliki kartu SIM dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Menurutnya, hal ini disebabkan karena adanya layanan ridesharing yang lambat laun mengurangi kebutuhan memiliki mobil pribadi.

Pada awalnya, mobil swa kemudi ini direncanakan akan beroperasi dengan kecepatan yang rendah, yaitu sekitar 25 mil per jam (setara 40 km per jam) pada daerah-daerah tertentu. “Seiring meningkatnya teknologi, mobil-mobil ini akan mampu beroperasi sendiri dalam berbagai situasi yang berbeda,” kata Zimmer.

Jika Lyft ingin menjadikan ini sebagai kenyataan, maka mereka harus bisa bergerak cepat karena pesaingnya juga sudah mulai merencanakan armada kendaraan swa kemudi. Sebut saja Uber yang sudah mulai mengadakan uji coba mobil swa kemudi di Pittsburgh dan Google yang tengah mengembangkan mobil swa kemudinya di West Coast. Jadi, sebenarnya yang menjadi pertanyaan adalah: Siapa yang bisa lebih dulu mengoperasikan mobil swa kemudi secara luas ke publik?

Tentu saja, jika prediksi ini menjadi kenyataan maka jalanan pun bisa lebih lancar dan tidak sepadat biasanya. Yang lebih penting, ruang pada kota yang awalkan dihabiskan oleh jalanan maupun tempat parkir kini dapat dialihfungsikan menjadi ruang publik.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID