News

MacBook Pro Terbaru Dikabarkan Akan Dilengkapi Dengan Sensor Sidik Jari

[Foto: martinhajek.com]
Berdasarkan keterangan seorang narasumber terpercaya yang tidak disebutkan namanya, 9to5mac melaporkan bahwa model terbaru MacBook Pro—yang kabarnya akan diluncurkan pada musim gugur mendatang—akan dilengkapi dengan fitur Touch ID pada tombol power serta panel tombol OLED yang sudah pernah dilaporkan sebelumnya.

Menurut laporan yang didapat, dilansir bahwa model MacBook Pro yang baru ini akan ‘mendukung fitur Touch ID.’ Menurut saya, mengimplementasikan fitur ini ke dalam tombol power adalah sebuah langkah yang tepat dan efektif. Karena, hanya dengan satu sentuhan saja maka Anda sudah bisa menyalakan dan mengkonfirmasi identitas Anda pada saat yang bersamaan—sama halnya seperti fungsi Touch ID pada tombol Home di iPhone.

Meskipun kehadiran fitur ini sangat menarik, sampai sekarang saya masih bingung dan menerka-nerka bagaimana sistem tersebut akan bekerja. Menanamkan sensor sidik jari di tombol power memang memungkinkan pengguna untuk menyalakan MacBook tersebut dengan sidik jari mereka sendiri, tapi bagaimana dengan fitur pembayaran mobile yang ada pada MacBook?

Pada iPhone dan iPad, sensor Touch ID terpisah dari tombol power, sehingga Anda tidak perlu kebingungan ketika menggunakannya untuk melakukan mobile payment karena ponsel Anda tidak akan mati ketika Anda menempelkan jari Anda pada tombol tersebut.

Jika sensor Touch ID memang ditanamkan ke dalam tombol power pada MacBook Pro terbaru, lalu bagaimana cara MacBook Anda bisa membedakan apakah Anda mau melakukan pembayaran atau mau mematikan laptop tersebut? Meskipun begitu, saya pikir Apple pasti sudah memiliki solusi terhadap masalah tersebut.

Laporan yang didapat sebelum ini juga mengatakan bahwa MacBook Pro model terbaru akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun ini. Menurut keterangan yang diberikan, MacBook Air akan lebih ditargetkan sebagai laptop entry-level, MacBook 13-inch pada kelas menengah, sementara itu dua model MacBook Pro yang baru ditargetkan untuk kelas high-end.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID