Home  »  Review   »  
Review

Main Game di Monitor HD Sudah Biasa, Dell Berikan Sensasi 8K!

Dell UltraSharp UP3218K 8K [Foto: ArsTechnica | Mark Walton]
Para gamers beberapa tahun belakangan pasti sudah mengenal dengan istilah 4K. Istilah ini kerap terasosiasi dengan layar atau monitor dengan resolusi UHD atau Ultra High Definition, versi yang lebih tinggi daripada Hi-Definition “biasa”. Monitor ini eksis untuk berbagai macam keperluan, dari TV hingga pelengkap CPU. Nah, memasuki 2017, para penggemar game PC pun semakin lumrah dengan monitor yang memiliki resolusi 4096 x 2160 piksel tersebut.

Tak cuma puas pada resolusi 4K, salah satu provider elektronik dan komputer kelas atas, yakni Dell, mengeluarkan satu lagi produk yang siap mengakomodir para gamers kelas kakap dan yang menjunjung tinggi grafis atau resolusi ekstra tinggi. Dell UltraSharp UP3218K 8K muncul sebagai salah satu opsi terbaik bagi para gamers.

Bahkan secara terang-terangan, lewat kutipan dari ArsTechnica, disebutkan bahwa monitor yang punya resolusi mengerikan hingga 7680 x 4320 ini merupakan produk yang akan menyayangi bahkan berani menyenggol salah satu produk monitor terbaik, Acer Predator X27 di kelas 4K. Monitor milik Dell bahkan sanggup menampilkan detail pada gambar berukuran 33 megapixel dengan kepadatan 280ppi. Malahan sebagian menyatakan bahwa monitor terbaru Dell ini jauh lebih baik daripada monitor dengan bentuk curve alias monitor cekung dari beberapa provider ternama lainnya.


Tak semata-mata hanya menyasar bagi para gamers dan para movie goers saja, Dell UltraSharp UP3218K 8K juga dikususkan bagi para desainer yang aktif menggunakan produk-produk seperti Adobe Photoshop, Premiere, dan After Effect. Kelebihan dari monitor ini adalah frame-nya yang tampak terlihat solid dan tak mudah goyang bila tersenggol. Selain itu, monitor ini juga cukup fleksibel untuk disesuaikan dengan sudut pandang dari penggunaannya.

Mungkin, yang sedang diusahakan oleh Dell di sini adalah optimalisasi ukuran monitor yang begitu besar. Selain ukurannya yang mencapai 32 inchi, Dell UltraSharp UP3218K 8K juga seperti dibuat seoptimal mungkin hingga layarnya nyaris menyentuh frame dan tak terlalu banyak menyisakan panel di bagian depan.

Sekedar saran saja, kalau misalkan Anda pada waktu dekat atau saat produk ini masuk ke Indonesia berminat untuk membelinya, pastikan bahwa VGA pada CPU Anda setidaknya berada di kelas menengah ke atas. Karena jika VGA PC Anda biasa-biasa saja atau bahkan tidak menggunakan VGA eksternal, maka kemampuan 8k dari monitor ini tidak akan optimal.

Sebagai contoh saat sumber yang kami kutip mencoba beberapa game menggunakan VGA NVIDIA GTX1080, monitor ini terkesan kurang optimal, dikarenakan VGA tersebut hanya mengakomodir resolusi maksimal pada monitor 4K. Akibatnya, saat dicoba untuk memainkan beberapa game seperti Rise of the Tomb Raider, dan GTA V, kinerjanya jadi kacau balau. Karena saat dipaksa menggunakan resolusi 8K kedua game tersebut malah mengalami crash, sehingga harus kembali menggunakan resolusi 4K. Sungguh mubazir, bukan?

Namun beda cerita saat dicoba untuk melakukan image processing; ternyata monitor ini sangat nyaman untuk dipergunakan. Saat beralih di tengah proses pengolahan gambar yang hanya menggunakan monitor 4K ke Dell UltraSharp UP3218K, langsung terasa bedanya, yakni bagaimana area pengerjaan dari layar bisa meningkat hingga 220 persen.

Kabarnya monitor ini akan dihargai dengan banderol yang cukup spektakuler, yaitu hingga 5.000 USD atau sekitar Rp66 juta saat dikonversi ke rupiah. Siap-siap saja kalau monitor ini masuk ke Indonesia, ya!