News

Majalah TIME Daulat iPhone Sebagai Gawai Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

[Foto: Marc-André Julien | Unsplash.com]
[Foto: Marc-André Julien | Unsplash.com]
Selasa (04/05/2016) yang lalu, majalah TIME menerbitkan daftar peringkat 50 gawai yang paling berpengaruh sepanjang masa, mulai dari kamera, TV, pemutar musik, hingga smartphone. Tidak mengherankan, iPhone dari Apple menempati peringkat nomor satu sebagai perangkat yang paling berpengaruh dalam daftar tersebut. Seperti yang dikutip dari TIME, iPhone terpilih dalam posisi teratas karena “secara fundamental mengubah hubungan kita dengan komputasi dan informasi,” mempopulerkan aplikasi mobile, juga mempengaruhi masa depan desain dan tampilan ponsel pintar (smartphone).

Dengan peluncuran iPhone di tahun 2007, Apple dianggap sebagai perusahaan pertama yang sukses ‘menanamkan’ komputer canggih pada gawai yang bisa dibawa ke mana-mana dan dimiliki oleh jutaan orang. Secara teknis, ponsel pintar sudah lama ada, namun tidak ada yang bisa menyajikannya seperti iPhone.

Macintosh dari Apple juga menduduki peringkat tinggi dalam daftar sebagai gawai nomor tiga yang paling berpengaruh karena telah menetapkan standar pada “cara manusia berinteraksi dengan komputer.” iPod, sebagai prekursor iPhone dan perangkat yang menginspirasi line produk mobile Apple, tercatat sebagai gawai kesembilan yang paling berpengaruh.

Produk Apple lainnya yang masuk ke dalam daftar adalah iPad dan iBook. iPad berada di peringkat 25 karena dianggap memberikan sesuatu yang “sangat berbeda” dibandingkan tablet lain yang ada pada saat itu. Sedangkan iBook, laptop pertama yang menawarkan jaringan nirkabel, menduduki peringkat 38.

Ponsel pintar lain yang masuk ke dalam daftar di antaranya Motorola Droid (atas jasanya mempopulerkan Android), BlackBerry 6210, dan ponsel pertama dengan antena internal dan built-in game, Nokia 3210. Daftar lengkap 50 gawai paling berpengaruh sepanjang yang mencakup produk seperti Google Glass, Fitbit, Amazon Kindle, Oculus Rift, Sony Walkman, dan lain-lain bisa dilihat di situs TIME.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID