Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Malu Salah Kirim Pesan? Tidak Lagi! Ini Cara Menghapus Pesan Terkirim di WhatsApp

[Foto: technozed.com]
Dengan banyaknya pesan baik secara personal atau pesan grup membuat pesan yang ada menjadi tidak beraturan. Hal ini jugalah yang menjadi pemicu sering terjadi pesan yang salah kirim. Hal yang mengesalkan adalah saat Anda mengirim pesan yang tidak seharusnya dibaca oleh orang lain, tentu akan sangat memalukan jika mengetahui pesan yang terkirim salah alamat.

Saat ini WhatsApp sudah memperbarui layanannya dan meluncurkan fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk menghapus pesan meskipun sudah terkirim. Pengguna iOS dan Andoid bisa menerapkan langkah yang akan saya bahas di bawah ini.

Bagaimana caranya?

Ini cara mudah untuk menghapus pesan yang salah kirim di aplikasi WhatsApp.

– Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa pesan hanya bisa dihapus sebelum 7 menit sejak pesan terkirim ke pihak lain. Dengan kata lain jika pesan yang Anda kirimkan sudah melewati batas waktu, maka pesan tersebut tidak bisa lagi dihapus.

– Langkah yang kedua adalah Anda harus memastikan telah menggunakan WhatsApp versi terbaru, Apabila hanya Anda yang menggunakan versi terbaru, maka pesan tersebut akan tetap terlihat pada aplikasi lawan bicara.


Apabila kedua kriteria di atas terpenuhi, maka Anda bisa mulai menerapkan langkah untuk menghapus pesan yang ada. Cara ini sangat mudah dan praktis untuk Anda terapkan yaitu dengan menekan lama pesan yang ingin dihapus. Maka akan ada pilihan ikon di WhatsApp, kemudian pilihlan logo tempat sampah.

Hal yang membedakan dengan versi terdahulu adalah adanya pilihan opsi yang bisa dipilih. Pada versi yang terbaru Anda bisa memilih untuk menhapus pesan secara pribadi atau “Delete For Me” atau menggunakan pilihan hapus untuk semua orang atau “Delete For Everyone”. Anda bisa memilih salah satu dari pilihan tersebut untuk kemudian tekan “OK”.

Menghapus Pesan Pada iOS

Saat akan menghapus pesan di iOS caranya tidak berbeda dengan cara di atas yang telah disebutkan di atas. Anda hanya perlu menekan lama pesan yang akan dihapus, kemudian pilih opsi “Delete”, serta pilih ikon tempat sampah di bagian kiri bawah.

Nantinya Anda akan menemukan opsi “Delete For Me” untuk menghapus pesan secara personal atau bisa juga “Delete For Everyone” agar terhapus di semua pengguna. Pilih salah satu pilihan dan tekan “Ok”.

Hal yang perlu Anda ingat adalah saat menggunakan cara ini pesan yang dihapus tidak serta merta hilang 100%, sebab masih ada jejak yang ditinggalkannya. Sebab, pesan yang Anda hapus akan berisi tulisan “You Deleted This Mesage”. Dengan demikian pihak yang Anda kirim pesan masih mengetahui bahwa Anda telah menghapus pesan.

Hal lain yang perlu Anda ingat adalah walaupun fitur terbaru yang ada di aplikasi WhatsApp ini bisa mempermudah Anda sebagai pengguna. Anda masih tetap perlu menggunakan media sosial dengan bijak dan cerdas.

Itulah cara mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghapus pesan WhatsApp yang sudah terkirim ke pihak yang salah. Jika Anda merasa informasi di atas bermanfaat, jangan ragu untuk membagikan pembahasan di atas kepada orang lain agar semakin banyak orang yang mengetahuinya.

Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas bisa menginspirasi Anda semua.

Selamat mencoba cara di atas!