Home  »  News   »  
News

Mari Belajar Sains dan Matematika Dengan Robot Profesor Einstein

[Foto: roboticstrends.com]
Sebuah startup asal Hong Kong bernama Hanson Robotics memperkenalkan sebuah robot bernama Professor Einstein yang dapat mengajari sains dan matematika kepada penggunanya. Pemilihan nama Professor Einstein ini tidaklah sembarangan. Pasalnya, robot yang satu ini memang memiliki penampakan yang serupa dengan Einstein—hanya saja dia memiliki tinggi 35 cm.


Robot yang satu ini bertujuan untuk mengajarkan sains dan matematika pada anak-anak berusia 13 tahun ke atas dengan bantuan aplikasi Stein-O-Matic yang tersedia untuk perangkat iOS maupun Android.Tidak hanya itu saja, robot ini juga bisa bermain games dengan penggunanya untuk membantu pengguna untuk bisa lebih mudah memahami prinsip-prinsip sains.

Setelah beres ‘mengajar’, pengguna dapat mengajak Professor Einstein berbicara dan menanyakan berbagai macam pertanyaan, mulai dari cuaca hingga selebriti. Ia juga bisa mengelola kalendar dan to-do list. Jika dibandingkan dengan asisten digital lain seperti Apple Siri atau Amazon Alexa, suara dari Professor Einstein masih terkesan kaku dan tidak natural. Begitupula dengan gerakan tubuhnya. Meskipun demikian, robot ini dapat melakukan lebih dari 50 gerakan, seperti memberikan mimik wajah yang berbeda. Misalnya, jika pengguna salah menjawab pertanyaan yang diberikan pada kuis sains, maka ia pun akan mengernyit kecewa. Menariknya, robot ini juga bisa menjulurkan lidahnya keluar.

Hanson Robotics menargetkan bahwa pada bulan Maret mendatang robot ini akan tersedia di Amazon.com. Sementara itu, robot ini baru masuk ke dalam toko fisik pada pertengahan tahun ini. Harga yang dibanderol untuk robot Professor Einstein ini adalah $299 atau setara dengan Rp 3,9 juta. Namun, peminat yang sudah pre-order melalui Kickstarter bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih rendah, yaitu $249 (setara Rp 3,3 juta).