News

Mark Zuckerberg Berencana Pamerkan AI Serupa ‘JARVIS’ Pada Bulan Depan

[Foto: Sistem AI JARVIS pada film Iron Man | theverge.com]
Setiap tahunnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg selalu menuliskan target pribadi atau resolusi tahunannya. Seperti pada awal tahun ini, ia mengungkapkan di halaman Facebook nya bahwa ia berdedikasi untuk menciptakan sebuah asisten rumah tangga berbasis artificial intelligence (AI). Terlalu sukar untuk dibayangkan? Sekarang coba bayangkan sistem JARVIS yang dikembangkan oleh Tony Stark alias Iron Man. Kira-kira seperti itulah sistem yang tengah berusaha dikembangkan oleh Zuckerberg.

Sekarang, hasil kerjanya dalam membangun sistem AI yang dapat mengelola dan mengontrol rumahnya ini sudah hampir siap untuk ditunjukkan pada dunia. “Sudah ada perkembangan,” papar Zuckerberg pada sebuah sesi tanya jawab terbuka  di Itali pada hari Senin lalu (29 Agustus 2016). “Saya harap saya bisa menunjukkannya … pada bulan depan.” Ia juga menambahkan, bahwa untuk saat ini sistem AI ini  diprogram agar hanya bisa menerima perintah dari Zuckerberg. Istrinya pun bahkan tidak dapat mengontrolnya—untuk saat ini. “Itulah enaknya menjadi seorang insinyur, Anda bisa melakukan hal-hal seperti itu.” Guraunya. Tapi kemudian ia pun menambahkan bahwa setelah sistem ini selesai dibangun, ia akan memberikan akses tersebut pada istrinya.

Zuckerberg mengatakan bahwa dengan sistem tersebut ia sudah bisa mengontrol lampu, gerbang, dan suhu ruangan. Tidak hanya itu saja, ia juga mengatakan bahwa AI ini dilengkapi dengan teknologi speech recognition dan face recognition. Meskipun begitu, dari penjelasan Zuckerberg nampaknya sistem yang satu ini tidak jauh berbeda dengan apa yang telah ditawarkan oleh gawai-gawai smarthome lain yang sudah ada, seperti Amazon Echo dan Samsung SmartThings. Tapi tentu saja, kita masih belum tahu apa saja seluruh kemampuan AI ini. Apakah ia akan memberikan sebuah inovasi yang baru? Kita tunggu saja demo ‘JARVIS’ versi Mark Zuckerberg ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID