Home  »  News   »  
News

Masuki Bisnis OTA, Blibli.com Resmi Akuisisi Tiket.com

Penandatanganan oleh kedua belah pihak dilakukan oleh Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com (kiri gambar) dan Gaery Undarsa (kanan gambar) selaku Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com pada Senin 12 Juni 2017 di Jakarta. [Foto: Blibli.com]
Perkembangan industri layanan perjalanan, khususnya online travel agent (OTA) nampaknya makin menggiurkan. Semakin banyak saja pemain yang terjun ke bisnis ini, termasuk beberapa perusahaan e-commerce ternama di Indonesia, yang baru-baru ini mulai menjual tiket pesawat, kereta api, dan paket perjalanan. Salah satu dari perusahaan e-commerce tersebut adalah Blibli.com, salah satu anak perusahaan konglomerasi Grup Djarum.

Menurut siaran pers yang diterima Labana, Blibli.com yang berdiri sejak 2011 memang punya visi untuk memperbesar lini bisnisnya. Pada akhir tahun 2016 lalu, Blibli.com meluncurkan kategori produk travel online, yaitu Blibli Travel sebagai kategori khusus yang menjual produk travel di dalam Blibli.com. Sejak itu, travel online menjadi salah satu fokus pengembangan bisnis Blibli.com dikarenakan adanya pasar yang menjanjikan dimana statistik menunjukkan minat pembelian produk perjalanan melalui platform-platform online terus meningkat.

“Tiket.com memiliki track record bisnis yang bagus dimana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah satu OTA terbesar di Indonesia, sama-sama berfokus pada kepuasan pelanggan dan dinilai konsisten dalam menjalankan bisnisnya. Di sisi lain kami juga melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket.com memiliki banyak kesamaan dengan Blibli.com yang diharapkan dapat memudahkan proses sinergi. Berdasarkan pertimbangan inilah kami mantap untuk melakukan akuisisi,” jelas Kusumo Martanto, CEO Blibli.com di sela acara jumpa pers beberapa waktu lalu.


Menurut catatan Blibli.com, Tiket.com saat ini merupakan salah satu OTA yang memiliki inventaris terbesar untuk produk tiket, pesawat, hotel, kereta api, car rental serta tiket konser; bekerjasama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan internasional dan domestik, dan bekerjasama dengan dengan ribuan hotel domestik dan internasional.

Sedangkan Blibli Travel yang baru saja dikembangkan akhir tahun lalu telah memiliki lebih dari 1.000 varian produk travel seperti tiket kereta api, voucher hotel hingga tiket hiburan dan lifestyle. Blibli.com sebagai eCommerce juga bermitra dengan pilihan bank terbanyak untuk program cicilan nol persen dan juga menyediakan semua tipe pembayaran bagi konsumen. Dengan adanya akuisisi ini tentunya akan menjadikan Blibli.com sebagai sebuah group perusahaan eCommerce dengan pelayanan one-stop shop dan juga memberikan manfaat lebih bagi para pelanggan.

Target bisnis

“Proses akuisisi telah dilakukan dari 5 bulan lalu bersama dengan pihak Blibli.com. Kami melihat ini akan membuka peluang sangat besar bagi Tiket.com untuk bertumbuh secara eksponensial baik dari rencana sinergi yang ada dan dari segi penetrasi pasar. Melihat potensi kedepannya dan banyaknya kesamaan dalam culture & visi bisnis, kami sangat bersemangat untuk bergabung dalam keluarga Blibli.com,” ujar Gaery Undarsa, Co Founder sekaligus CCO Tiket.com.

Blibli.com akan memberikan dukungan penuh untuk Tiket.com baik dari sisi share inventory, program penjualan, promosi termasuk penetrasi ke sosial media, serta memperkuat tim atau sumber daya manusia.

“Blibli.com optimis dari sisi bisnis akan terjadi pertumbuhan secara organik dan non-organik sebanyak 2,5 kali pada semester dua tahun ini.” Jelas Kusumo mengenai target yang ingin dicapai pada semester dua tahun ini. “Dengan akuisisi ini, bisa membawa Blibli.com sebagai salah satu pemain OTA terbesar dan menjadi The only eCommerce B2C di Indonesia yang pertama kali memiliki kanal bisnis OTA  yang didalamnya memiliki variasi produk travel terlengkap.”

Kusumo juga menjelaskan, pendanaan akuisisi ini diambil dari sumber dana internal untuk pengembangan bisnis Blibli.com. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan Blibli.com akan berekspansi ke produk lain namun untuk waktu dekat, Blibli.com akan berkonsentrasi untuk mengembangkan kedua perusahaan e-commerce ini sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan travel dan online shopping bagi konsumen domestik ataupun internasional.

Pada kesempatan yang sama, perusahaan sekaligus mengangkat George Hendrata sebagai CEO Tiket.com yang baru.