Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Mau Dapet Voucher Diskon? Yuk Pergunakan Google Review

Kamu suka jalan-jalan? Menghabiskan waktu bersantai di restoran atau museum? Yuk berbagi pengalaman kamu dengan mengirimkan ulasan tempat tersebut melalui Google Review. Jangan salah sangka loh, dengan sering berbagi ulasan kamu bisa dapat beragam keuntungan lebih. Begini langkah-langkah untuk menggunakan Google Review.

Langkah 1: Login Akun Google

Silahkan login atau masuk ke akun Google melalui broswer. Ketikkan alamat email dan user name lalu klik ‘Login’. Bila kamu belum memiliki akun Google maka buatlah terlebih dahulu.

Langkah 2: Cari Tempat

Selanjutnya buka Google Maps dan carilah tempat yang baru saja kamu kunjungi. Kamu dapat menuliskan review untuk restoran, tempat bisnis, lokasi rekreasi, dsb. Setelah kamu menemukan lokasi yang ingin diulas klik ‘Write Review’ yang terletak di pojok kiri bawah.

Langkah 3: Tulis Ulasan

Secara otomatis akan ada jendela pop up yang meminta kamu memasukkan ulasan dalam forma nilai (bintang, skala 1-5), deskripsi atau ulasan singkat dan foto. Gunakan semua fitur untuk mendapatkan poin yang lebih banyak. Setelah Anda selesai mengulas silahkan klik ‘Post’.

Baca Juga:  Jadikan Aktivitas Chatting Lebih Menarik! Ini Cara Mudah Membuat Emoticon Jepang

Langkah 4: Menjadi Local Guide


Bila sering menuliskan ulasan di Google Maps maka secara otomatis kamu akan menjadi pemandu lokal atau local guide. Kamu bisa mendapatkan poin dari sini dan cara mengeceknya sangat mudah. Cukup buka google maps lalu klik tombol menu bersimbol tiga baris dan klik ‘Your Contribution.

Jumlah poin kamu akan muncul di Profil. Dibutuhkan setidaknya 1×24 jam untuk memverifikasi ulasan kamu di Google Maps jadi poin tidak langsung muncul. Lantas keunggulan apa yang bisa kamu dapatkan jika menjadi local guide?

  • Pertama, ‘Get Recognized’. Kamu mendapatkan poin dengan berbagi ulasan serta foto dan secara berkala akan naik ke level semaki  tinggi. Jika telah berada di level 4, kamu akan mendapatkan badge yang membuat kamu berada di barisan atas pada daftar ulasan.
  • Kedua, ‘Google Play Perk’. Google kerap memberikan beragam voucher atau diskon buat pengguna aktif. Bila sudah memasuki level 4 kalian akan diberikan notifikasi untuk menerima diskon, misalnya 3 bulan gratis menggunakan Google Play Music dan diskon 75% untuk menyewa film di Google Play.
Baca Juga:  Twitter Resmi Menggandeng Developer Aplikasi Sosial, Yes Inc.

Langkah 5: Mendapatkan Poin

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, untuk mendapatkan poin yang banyak kamu harus sering-sering mengulas lokasi di google maps. Berikut ini kami sampaikan secara detail mengenai level poin tersebut:

  • Pertama, Level 1 (0-4 point). Untuk kamu yang berada di tingkat satu bisa mendapatkan eksklusif buletin pemandu lokal, workshop dan hangout yang diselenggarakan Google dan berhak mengikuti kontes eksklusi.
  • Kedua, Level 2 (5-49 poin). Kamu mendapatkan akses pertama kali untuk mencoba fitur-fitur terbaru yang dibuat oleh Google. Serta diizinkan untuk berbagi acara yang kamu buat di Google kalender sehingga bisa mengundang banyak orang.
  • Ketiga, Level 3 (50-199 poin). Kamu berhak mendapatkan undangan khusus yang Google selenggarakan di kota-kota, masuk ke dalam lingkaran group eksklusif pemandu lokal, dan lencana sebagai local guide.
  • Keempat, Level 4 ( 200-499 poin). Bila sudah mencapai level ini kamu akan mendapatkan tambahan kapasitas memori google drive serta ucapan terimakasih dan hadiah setiap tahunnya dari Google. Seru banget kan!
  • Kelima, Level 5 ( diatas 500 poin). Kamu berhak mencoba produk yang dibuat oleh Google sebelum diluncurkan ke publik dan diizinkan mengikuti acara konferensi tingkat tinggi bagi pemandu level 5.
Baca Juga:  Cara Memindahkan Kontak Dari Perangkat Android ke iOS