Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Mau Lihat Analytic dari Akun Instagram Bisnis? Ini Caranya!

[Sumber: https://sproutsocial.com/insights/free-instagram-analytics/]
Setelah mengubah akun pribadi Instagram menjadi bisnis maka Anda dapat mengakses fitur Instagram Insights, yaitu layanan yang menyediakan laporan perkembangan instagram Anda sehari-hari.

Melalui Instagram Insights pengguna dapat melihat pertumbuhan pengikut (followers) dan orang-orang yang telah berinteraksi dengan Instagram bisnisnya. Contohnya, Anda dapat menemukan berapa presentasi pengikut dati gender, umur dan lokasi. Anda juga dapat melihat posts dan stories yang paling banyak dilihat oleh pengikut atau pengguna Instagram lainnya.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.

Melihat Insights dari Akun Instagram Bisnis

Langkah 1: Masuk ke akun Instagram bisnis Anda. Masukkan alamat email dan kata sandi lalu klik ‘Log In’.

Langkah 2: Klik ikon yang menyerupai ‘bar sinyal’ di pojok kanan akun bisnis profile. Laman secara otomatis akan membawa Anda melihat rata-rata berapa banyak orang yang telah berinteraksi dengan akun Instagram Bisnis.

Langkah 3: Pilih unggahan yang spesifik, stories atau promotion (iklan instagram) untuk melihat lebih detail laporan kinerja. Anda juga dapat mengecek total impressions, reach, dan profile visits perminggu.

Anda juga dapat melihat pukul berapa pengikut paling banyak menjangkau postingan di Instagram bisnis. Dengan ini Anda bisa menentukan pukul berapa yang paling efektif untuk mengunggah konten baru di Instagram.

Melihat Insights dari Postingan

[Sumber: https://vulcanpost.com/575581/instagram-analytics-for-business-heres-everything-you-need-to-know/]
Langkah 1: Masuk ke akun Instagram bisnis Anda. Masukkan alamat email dan kata sandi lalu klik ‘Log In’.


Langkah 2: Klik konten foto atau video yang Anda ingin ketahui kinerjanya. Lalu klik ‘View Insights’ yang berada di bawah gambar atau video. Anda dapat melihat berapa banyak tanda suka, komen, saved, kunjungan profil dan total jangkauan.

Jika Anda melakukan iklan di postingan tersebut maka Anda dapat membandingkan kinerja antara yang postingan original dengan yang telah diiklankan. Hal ini membantu Anda untuk menentukan apakah perlu melakukan Instagram Ads.

Melihat Insights dari Story

Langkah 1: Masuk ke akun Instagram bisnis Anda. Masukkan alamat email dan kata sandi lalu klik ‘Log In’.

Langkah 2: Klik ikon yang menyerupai ‘bar sinyal’ di pojok kanan akun bisnis profile. Lihat pada bagian ‘Stories’ di pojok bawah.

Langkah 3: Anda dapat melihat berapa banyak impressions atau jumlah orang yang telah melihat unggahan dari Stories selama 14 hari kebelakang. Ini membantu Anda untuk melihat seberapa aktif pengikut di Instagram bisnis Anda.

Itu dia cara yang dapat Anda lakukan untuk melihat laporan kinerja di akun Instagram Bisnis. Secara berkala Anda harus memantau perkembangan kinerja ini untuk mengetahui langkah apa yang dapat dilakukan agar meningkatkan keaktifan pengikut Anda.

Bila Anda masuk kurang familiar dengan perhitungan kinerja, maka berikut kami sajikan istilah yang digunakan dalam Instagram Insights.

Metrik Keseluruhan (Overall Metrics)

  1. Impressions: Total postingan Anda dilihat oleh pengguna, baik original maupun iklan.
  2. Reach: Total jangkauan atau akun unik yang telah melihat postingan dan stories Anda.
  3. Website Clicks: Total kunjungan website yang dicantumkan pada laman profil Instagram Bisnis Anda.
  4. Profile Views: Total kunjungan atau akun unik yang melihat laman profile Instagram Bisnis Anda.

Posts dan Stories

  1. Liked: Jumlah orang yang memberikan tanda suka pada postingan Anda.
  2. Comments: Jumlah orang yang memberikan komentar pada postingan Anda.
  3. Saved: Jumlah orang yang telah menyimpan postingan Anda di akun Instagramnya.
  4. Engagements: Jumlah akumulasi dari akun unik yang telah memberikan tanda suka, komentar atau menyimpan postingan Anda.
  5. Video Views: Jumlah orang yang telah menonton unggahan video Anda di akun Instagram Bisnis.