Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Mau Menjadi Freelancer? Cari Lowongan Pekerjaan di Sribulancer Aja

Mau Menjadi Freelancer? Cari Lowongan Pekerjaan di Sribulancer Aja

Kamu masih pelajar dan ingin mencari pemasukan tambahan? Kalau mau magang pasti bingung karena gak dibayar atau kadang dibayar ngepas buat makan sama bensin! Pasti kesel kan? Memperkenalkan Sribulancer, sarana online yang bisa menambah penghasilan buat kamu.

Sumber: sribulancer.com

Sribulancer merupakan platform online yang mempertemukan kamu sebagai penyedia jasa dengan klien nantinya. Banyak banget loh klien yang menggunakan layanan ini untuk mencari pekerja misalnya membuat website, penulisan konten, penerjemah, entri data dan desain!

Berikut ini kami sajikan langkah-langkah untuk membuat akun Sribulancer dan cara mendapatkan klien!

Langkah 1: Buat Akun

Sribulancer menyediakan dua versi akun. Pertama, Client untuk kamu yang ingin mempublikasikan lowongan pekerjaan dan mencari pekerja lepas. Kedua, Freelancer bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan dan menawarkan jasa.

Silahkan kunjungi https://www.sribulancer.com/id/register lalu klik ‘Daftar Sebagai Freelancer’. Selanjutnya kamu akan masuk ke laman registrasi. Silahkan masukkan nama lengkap, username, kata sandi, alamat email, dan nomor telepon. Terakhir, klik ‘Daftar sebagai Freelancer’.

Baca Juga:  Beberapa Hal Dasar dalam A/B Testing yang Harus Dipahami

Langkah 2: Lengkapi Data Lengkap

Setelah kamu memiliki akun Sribulancer jangan buru-buru untuk mendaftar pekerjaan tetapi lengkapi dulu informasi terkait dirimu agar klien bisa percaya untuk memberikan job!. Beriku ini data yang mesti kamu isi:

Profile Foto, masukkan profile foto terbaru kamu. Kalau bisa foto asli yah jangan avatar gambar colongan dari Google. Gunakan foto yang jelas dan sopan.

About Me, berikan informasi mengenai diri kamu. Hal apa yang disukai dan bisa dikerjakan serta prestasi apa yang diraih. Ini sebagai punchline agar klien tertarik dengan kamu!

Portofolio, masukkan portofolio pekerjaan yang pernah kamu lakukan. Misalnya, kamu bekerja sebagai penulis konten maka bisa mencantumkan hasil-hasil tulisan yang pernah dibuat, entah dipublikasikan di media massa atau blog kamu sendiri. Seandainya kamu menggeluti bidang pembuatan website, bisa mencantumkan screenshot dan link website yang telah dibuat.

Riwayat Pekerjaan, bila kamu sedang atau pernah bekerja bisa banget masukkin pengalaman pekerjaan dan berikan keterangan posisi serta tugas apa yang kamu kerjakan waktu itu.

Baca Juga:  Ini Dia 4 Aplikasi Android Launcher Terbaik yang Bisa Anda Coba

Riwayat Pendidikan, cantumkan pendidikan terakhir kamu. Gak usah minder! Bedanya freelancer sama pekerja tetap itu kebanyakan klien mencari pekerja yang serius dan tepat waktu. Gak ada masalah sama latar belakang pendidikan-mu.

Langkah 3: Cari Job

Halaman profile sudah kece dan menarik? Yuk langsung daftar pekerjaan yang kamu inginkan. Caranya tinggal klik ‘Cari Job’ lalu otomatis kamu akan dibawa ke laman berisi lowongan. Silahkan ketik jenis pekerjaan yang kamu inginkan atau cari berdasarkan kategori.

Langkah 4: Daftar Pekerjaan

Bila sudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan skills dan pengalaman kamu silahkan klik dan baca dengan detail deksripsi pekerjaan. Biasanya klien akan mencantumkan kriteria yang dicari serta tugas yang mesti dilakukan. Ada yang perhari, dua minggu bahkan bulanan. Bila cocok silahkan klik ‘Daftar Pekerjaan’.

Langkah 5: Promosikan Diri

Selanjutnya kamu akan dibawa ke laman pendaftaran. Cantumkan harga yang diinginkan pada kolom ‘Berapa proposal biaya dari kamu untuk menyelesaikan pekerjaan?’ Cantumkan harga yang masuk akal yah jangan melebih-lebihkan. Karena kamu akan bersaing dengan para freelancer lainnya.

Baca Juga:  Ini Dia 4 Cara untuk Memblokir Telepon Pada Android Nougat

Lalu cantumkan alasan mengapa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini. Promosikan diri kamu habis-habisan dan janjikan apa yang kamu berikan kepada klien. Berikan kelebihan kamu dibandingkan freelancer lain, misalnya tenggat waktu menyelesaikan yang lebih cepat atau harga yang lebih kompetitif dan masih bisa dinegosiasi.

Kalau perlu unggah CV dan portofolio pekerjaan sesuai dengan yang dicari oleh klien. Ini bisa membuat klien semakin percaya kalau kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini! Bila sudah klik ‘Kirim Penawaran’. Terakhir, tinggal menunggu balasan dari klien, kadang bisa membutuhkan waktu sehari atau seminggu.

Itu dia cara membuat akun dan mendapatkan klien dari Sribulancer! Buruan coba dan dapatkan penghasilan tambahan dengan mudah.