Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Mau Mulai Ngevlog? Ini Dia Hal-Hal Yang Mesti Kamu Punya

[Sumber: tots100.co.uk]
Indonesia memiliki pengguna media sosial terbesar di dunia maka tak ayal banyak yang banting stir karir untuk menjadi Selebgram dan Vlogger. Nah, Vlogger atau video blogger bekerja dengan membuat konten video yang dipublikasikan melalui Instagram atau Youtube.

Salah satu Vlogger yang terkenal di Indonesia adalah Raditya Dika dengan 2,51 juta pelanggan di kanal Youtubenya dan mengikuti Edho Zell dengan 1,46 juta pelanggan. Selain bisa mendapatkan keuntungan dengan bergabung sebagai mitra Youtube, kita juga bisa di endorse dari brand atau produk tertentu.

Buat kamu yang mau mulai ngevlog tapi bingung, jangan khawatir! Kami akan membagikan tips dan apa saja yang perlu kamu punya untuk jadi Vlogger yang keren! Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

Pilih Niche Vlog Kamu

Sebelum memulai vlog, gak ada salahnya kalau kamu mencari target pasar yang spesifik agar dapat menjangkau audiens yang luas. Misalnya dibidang kuliner, kamu bisa membuat video yang memuat informasi resensi tempat makan yang sedang ngetrend. Atau, kalau kamu suka travelling gak ada salahnya merekam segala kegiatan perjalanan kamu untuk dibagikan ke pengikut.

Baca Juga:  Instagram Tengah Uji Coba Fitur Live Video untuk Dua Orang

Sediakan Kamera

[Sumber: womanatwork.in]
Salah satu perangkat yang paling penting untuk kamu miliki adalah kamera. Sebenarnya sebagai beginner gak ada salahnya bila menggunakan kamera dari ponsel tapi terkadang hasil video bisa pecah dan gak enak dilihat. Minimal kamu harus punya kamera DSLR yang dapat merekam video serta suara dengan baik.

Belajarlah mengenai angle atau transisi yang baik setiap pengambilan gambar agar ketika masuk ke tahap penyuntingan tidak menyulitkan kamu atau editor kelak.

Sediakan Lighting

[Sumber: bhphotovideo.com]
Jangan remehkan kekuatan cahaya karena bila kamu mengambil gambar saat malam yang ada hasil video gelap dan pecah karena penggunaan ISO yang berlebihan. Kontrol terhadap pencahayaan yang menjadi subjek gambar kamu sangatlah penting. Sediakan compact lighting seperti lampu LED ketika kamu mengambil gambar kala malam hari.


Sediakan Microphone

[Sumber: manofmany.com]
Walaupun memang kamera DSLR zaman sekarang telah memiliki microphone atau perekam suara yang built in namun kadang itu saja tidak cukup, terlebih juga kamu berhadapan dengan tempat yang penuh suara sehingga menimbulkan noise. Gak ada salahnya kalau kamu memiliki budget lebih untuk membeli microhone eksternal, misalnya clip on saja sudah cukup.

Baca Juga:  Lima Masalah Yang Bakal Anda Hadapi Sebagai Seorang Blogger

Sediakan Tripod

[Sumber: joby.com]
Di zaman sekarang, tripod sudah memiliki banyak versi, dari yang stand in sampai dapat dilekatkan pada tubuh agar menghasilkan gambar yang statis dan pergerakan mulus. Buat kamu yang suka tremor dalam mengambil gambar penting banget memiliki tripod!

Sediakan Laptop

Laptop kamu perlukan untuk melakukan proses penyuntingan gambar dan suara. Gunakan laptop yang bagus dan mumpuni, setidaknya memiliki RAM 8 GB dan intel core 5 agar proses rendering cepat dan terjamin sukses.

Sediakan Aplikasi Edit Video

The last but not least, aplikasi atau software edit video sangat penting untuk mempercantik konten video kamu. Kamu bisa menggunakan Adobe Premiere Pro untuk sekedar memotong dan menyambungkan gambar serta suara. Perangkat lunak ini sangat mudah digunakan untuk hal-hal dasar bahkan bisa mengubah tone warna dan transisi.

Akhir Kata..

Bila kamu benar-benar masih pemula dalam hal vlogging, terutama bermain dengan kamera dan mengedit video jangan merasa pesimis! Lakukanlah dengan otodidak dan cari ide dari banyak sumber untuk memperkaya imajinasi. Semua vlogger selalu memulai bisnisnya dari bawah!

Baca Juga:  Binky, Aplikasi Anti-Medsos yang Tak Akan Menghubungkan Pengguna dengan Siapapun