Review

Mau Olahraga? Intip dulu 5 Aplikasi Kebugaran Terbaik di Android

[Foto: Nike.com]
[Foto: Nike.com]
Di era digital seperti ini, aktivitas manusia dengan gadget terutama Android sangatlah sulit untuk dipisahkan. Tapi tentunya, jangan sampai kita jadi diperbudak oleh gadget tersebut. Lebih baik kita memanfaatkan teknologi tersebut untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup kita sebagai seorang individu. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi kebugaran yang tersedia untuk meningkatkan efektivitas anda dalam berolahraga. Berikut ini telah saya susun lima aplikasi kebugaran terbaik di android yang dapat anda coba.

  1. Google Fit [Gratis]

Rasanya tidak lengkap jika tidak mencantumkan aplikasi kebugaran keluaran Google ke dalam daftar ini. Dengan aplikasi ini anda dapat melacak kebugaran tubuh anda, menganalisis statistik tubuh anda untuk melihat apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkannya, dan masih banyak lagi. Google Fit juga mendukung berbagai perangkat dan aplikasi, termasuk band Xiaomi Mi, Strava, Runkeeper, MyFitnessPal, Lifesum, dan lain-lain.

  1. Runtastic Running GPS Tracker [Gratis dengan in-app purchase]

Runtastic merupakan salah satu aplikasi kebugaran yang paling populer yang ada sekarang. Aplikasi ini dapat membantu anda untuk berlari secara efektif. Dilengkapi dengan fitur GPS, aplikasi ini dapat memonitor seberapa jauh anda telah berlari. Runtastic juga dapat membantu anda untuk menetapkan target jarak yang harus anda lalui setiap harinya. Fitur lainnya di antaranya log workout (yang berupa grafis dan analisis), audio pelatih, peta untuk merencanakan rute anda berlari, dan masih banyak lagi.

  1. Spotify Music [Gratis dengan in-app purchase]

Terkejut melihat aplikasi audio streaming ini bertengger di posisi tiga sebagai aplikasi fitness terbaik versi saya? Sebenarnya saya juga baru mengetahuinya belakangan ini, kalau ternyata Spotify memiliki sebuah playlist khusus jogging yang akan memainkan lagu yang sesuai dengan tempo kita dalam berlari.

Fitur ini sangat berguna bagi para pelari yang suka mendengarkan lagu ketika sedang berlari. Saya adalah salah satu contoh pelari yang seperti itu. Sebelum tahu adanya fitur ini, saya harus bersusah payah menyusun playlist lagu yang kiranya sesuai dengan tempo saya berlari. Namun tidak jarang pada saat saya berlari, lagu yang telah dipilih ternyata tidak cocok dengan tempo saya berlari. Bagi saya, hal kecil itu bisa merusak mood dalam berlari. Tapi dengan adanya fitur ini, saya sekarang tidak perlu pusing lagi memikirkan lagu apa yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi. Sayangnya, fitur ini untuk saat ini hanya tersedia bagi pengguna Spotify premium. Namun, anda bisa mencoba fitur Premium selama 30 hari secara gratis.

  1. Nike+ Training Club [Gratis]

Nike+ Training Club memiliki segala fitur dan kemudahan yang ada dambakan dalam sebuah aplikasi kebugaran. Aplikasi ini dilengkapi dengan sesi workout yang dirancang khusus oleh pelatih dan atlet profesional, program kebugaran yang disesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan kita, dan fitur yang memungkinkan kita untuk sharing dan membandingkan sesi workout anda dengan teman-teman. Semua itu dikemas dalam desain interface aplikasi yang minimalis dan chic.

  1. Zombies, Run! [Gratis dengan in-app purchase]

Jika anda berpikir jogging sambil diiringi musik itu terlalu mainstream, bagaimana kalau jogging sambil dikejar Zombie? Akan lebih menantang dan mengasyikkan, bukan?

Zombies, Run! merupakan aplikasi untuk jogging yang merangkap sebagai audio game. Misi dalam game ini mengharuskan anda untuk bisa lolos dari kejaran para Zombie dengan cara berjalan, jogging, maupun berlari. Dalam game ini, anda diwajibkan mengenakan earphones untuk mendengarkan alur ceritanya. Jika anda lengah, anda bisa mendengar geraman zombie-zombie yang akan menyusulmu di belakang! Selain gameplaynya yang unik dan orisinil, alur ceritanya juga cukup bagus. Ditambah lagi, aplikasi ini dapat memotivasi anda untuk bergerak dan tidak hanya menghabiskan waktu untuk mendata log lari anda.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID