Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Memaksimalkan Penggunaan Google Play Store dengan 5 Trik Berikut Ini

[Foto: androidpit.com]
Tidak bisa dipungkiri, Google Play Store merupakan salah satu yang membuat sistem operasi Android menjadi lebih ‘hidup’. Melalui toko aplikasi ini, pengguna Android bisa memperoleh berbagai aplikasi yang dibutuhkannya. Mereka bebas memilih, baik itu yang gratis ataupun berbayar.

Nah bagi Anda pengguna setia ponsel Android, berikut ini ada lima trik mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google Play Store. Ini ulasannya, sebagaimana dilansir dari Androit Pit.

Memasang Aplikasi yang Tidak Tersedia di Wilayah Anda

Di antara Anda mungkin pernah ada yang mengalami kesulitan saat mengunduh aplikasi. Karena ternyata, aplikasi yang Anda inginkan hanya tersedia di wilayah tertentu. Sebenarnya, Anda tetap bisa mengunduhnya. Namun tentunya dengan sedikit usaha.

Anda bisa memanfaatkan Virtual Private Network (VPN). VPN merupakan layanan yang membuat Anda seakan-akan mengakses internet dari lokasi atau negara lain. Jadi, Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk ‘menyembunyikan’ posisi Anda sebenarnya. Namun sebagai catatan, unduhlah layanan VPN yang sudah tepercaya.

Mengatur Aplikasi di Play Store

Semua pengguna Android tentu mengetahui kolom ‘My Apps & Games’ di Play Store. Melalui kolom ini, Anda bisa mengetahui mana aplikasi yang telah diunduh, pre-loaded, dan yang perlu diperbarui. Cukup buka kolom My Apps & Games, Anda dapat melihat seluruh daftar aplikasi yang terpasang dan menawarkan pembaruan sistem.

Untuk memperbarui aplikasi, pilihlah Update All yang biasanya tersedia di bagian atas kanan. Selain itu, Anda juga bisa memilih aplikasi yang sedang terpasang dan ingin menghapusnya.


Atur Parental Lock di Play Store

Dengan banyaknya jumlah aplikasi di Play Store, membuat orang sangat sulit ‘melacak’ apakah aplikasi tersebut ramah bagi anak. Nah bagi Anda yang cukup memerhatikan persoalan tersebut, ada cara mudah untuk mengontrol fitur Parental Lock di Google Play Store.

Dengan begitu, saat anggota keluarga seperti anak, adik atau keponakan sedang meminjam perangkat Anda, maka mereka akan terhindar dari mengunduh aplikasi yang belum pantas. Caranya, buka opsi Settings di Play Store. Kemudian, buka dan aktifkan fitur Parental Control.

Namun sebelum mengaktifkannya, Anda perlu memasukkan PIN terlebih dulu. Jadi saat fitur ini aktif, pengguna diharuskan memasukkan PIN sebelum mengunduh aplikasi yang memang tidak ditujukan untuk anak-anak.

Melakukan Pengembalian Uang di Play Store

Kini, sistem pembayaran di Play Store semakin mudah. Untuk mendapatkan aplikasi yang diinginkan, Anda bisa memanfaatkan beberapa kanal pembayaran. Namun terkadang, aplikasi yang dibeli tidak sesuai harapan.

Untuk mengantisipasinya, Google pun sudah menghadirkan sistem pengembalian uang (refund). Meskipun begitu, fitur pengembalian ini hanya dapat dilakukan maksimal dua jam setelah pembelian.

Jika Anda ingin meminta dana kembali, bukalah langsung aplikasi yang dimaksud melalui Play Store. Biasanya, opsi Refund tersedia di bagian kiri dan Anda cukup mengetuknya untuk mendapatkan uang kembali.

Melihat-Lihat Kolom ‘Indie Corner’

Bosan dengan game yang ditawarkan pengembang besar? Jika iya, tidak ada salahnya jika Anda melihat-lihat kolom ‘Indie Corner’ di Play Store. Jika kesulitan menemukannya, Anda cukup mengetik ‘Indie Corner’ pada laman pencarian Google. Biasanya, hasil pencarian pertama yang muncul adalah ‘Discover Indie Corner’ dari Google Play.

Setelah itu, bukalah tautan tersebut dan Anda otomatis akan diarahkan ke Play Store untuk melihat daftar game indie yang siap diunduh. Sebagai catatan, biasanya daftar game indie ini akan diperbarui setiap bulan.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk memaksimalkan penggunaan Google Play Store di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!