Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Memanfaatkan Instagram Live Video Sebagai Alat Pemasaran Bisnis Anda

[Foto: kurir.eu]
Seperti yang diketahui, Instagram mempunyai sebuah fitur Live Video yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung yang bisa ditonton oleh pengguna Instagram lainnya. Bagi pemilik usaha atau brand, jangan sampai Anda menyia-nyiakan fitur baru ini. Simak cara-cara untuk memanfaatkan fitur Instagram Live Video untuk kepentingan bisnis Anda.


  • Acara atau event brand. Ketika brand Anda mengadakan sebuah acara, tidak ada salahnya berbagi siaran langsung bagi konsumen yang tidak sedang menghadiri acara tersebut. Misalnya, jika brand Anda sedang membuka stand di sebuah acara/pameran, coba berikan siaran langsung untuk memperlihatkan suasana di lokasi pada saat acara. Siapa tahu jadi ada konsumen yang tertarik untuk mengunjungi stand Anda.
  • Pengumuman perusahaan. Ingin mengumumkan pemenang kontes yang diadakan oleh brand? Atau mungkin meluncurkan sebuah produk anyar? Anda bisa melakukannya melalui fitur siaran langsung ini. Jangan lupa untuk mengumumkan dari jauh-jauh hari bahwa brand Anda akan mengadakan siaran langsung pada waktu tertentu.
  • Demo produk. Instagram Live merupakan media yang tepat untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Selain itu, pendekatan ini akan membuat demo produk menjadi semakin interaktif dan menarik. Konsumen dan brand pun bisa saling berinteraksi secara real-time untuk membahas produk tersebut.
  • Sesi tanya jawab. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk lebih mengenal konsumen dan mendapatkan saran yang berharga dari mereka. Sebagai pembuka, Anda bisa membacakan Frequently Asked Question (FAQ) untuk memancing agar konsumen yang menonton juga ikut bertanya.
  • Sorotan di balik layar. Cara ini bisa membuat brand Anda jadi terasa lebih akrab dan personal. Dengan begini, konsumen juga akan merasa lebih terlibat dan dekat dengan brand Anda karena mereka tidak hanya melihat sisi eksternal dari brand Anda. Seru juga kan mengetahui kesibukan staff yang tengah bekerja di balik layar? Misalnya, jika brand Anda sedang melakukan photoshoot untuk koleksi terbaru, Anda bisa menyiarkan secara langsung proses berlangsungnya photoshoot tersebut.

Bagaimana, sudah siap menerapkan Instagram Live Video dalam strategi pemasaran brand Anda?