Opinion

Menangkap Peluang Iklan Facebook untuk Meraih Customer di Indonesia

[Foto: marketingcloud.com]
[Foto: marketingcloud.com]
Iklan digital menjadi salah satu channel marketing paling efektif yang digunakan oleh digital marketer akhir-akhir ini. Selain mengandalkan pencarian organik melalui Search Engine Optimization (SEO), iklan digital berperan sebagai booster yang akan berkali lipat menaikkan jangkauan dan berefek pada meningkatnya konversi lalu berujung pada peningkatan revenue.

Saat ini ada banyak jenis iklan digital yang populer digunakan oleh para digital marketer. Sebagai contoh, kita mengenal Google AdWords yang merajai iklan digital di search network maupun display network. Selain itu ada pula social media ads yang populer seperti Facebook Ads, Instagram Ads, bahkan Twitter Ads.

Semua jenis iklan tersebut, baik melalui search engine marketing maupun social media marketing, tentu saja sama-sama bagus untuk meningkatkan penjualan. Dengan syarat, marketer mampu mengoptimalkan dengan baik dan juga menyesuaikan penggunaan sesuai target customer.

Social media marketing dan peluang-peluang untuk pasar di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan pengguna social media teraktif di dunia. Jumlah penduduknya yang besar, ditambah kemampuan untuk berbelanja yang tinggi membuat Indonesia menjadi pasar paling potensial yang diincar oleh seluruh pebisnis di dunia. Tak heran jika saat ini e-commerce banyak sekali bermunculan. Bahkan tak sedikit pula investor yang mau menggelontorkan dana demi meraih pasar di Indonesia.

Lebih dari 50% orang di Indonesia adalah pengguna media sosial aktif. Mereka menggunakan media sosial untuk berbagai hal. Bisa dikatakan, bagi orang Indonesia yang menggunakan internet, media sosial adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan. Tak heran jika kesempatan ini digunakan oleh para digital marketer untuk melakukan penetrasi pasar guna mencapai revenue yang optimal.

Facebook adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena fiturnya yang lengkap, Facebook juga relatif gencar melakukan impruvisasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar bagi penggunanya di Indonesia. Salah satu yang menarik adalah adanya algoritma-algoritma cerdas yang diciptakan untuk membuat customer merasa terlindungi. Baru-baru ini Facebook mengumumkan algoritma baru yang memungkinkan post yang bersifat clickbait hilang dari news feed. Dengan algoritma ini bisa dikatakan Facebook kini semakin “cerdas” dan berpotensi untuk semakin dicintai oleh para penggunanya.

Sebagai digital marketer, hal ini tentu saja menjadi kesempatan bagi kita untuk terus melakukan optimalisasi di channel Facebook. Penggunaan Facebook Ads adalah salah satu upaya untuk meraih pasar yang lebih luas.

Mengapa harus membayar untuk sebuah platform yang bisa digunakan gratis?

Pertanyaan bagus. Beberapa orang mempertanyakan mengenai penggunaan Facebook Ads untuk kepentingan marketing. Jika kita dapat menggunakan Facebook dengan gratis, mengapa harus membayar untuk sebuah iklan?

Pada dasarnya satu yang harus dipahami adalah, di Indonesia media sosial digunakan sebagai “kebutuhan” dalam hidup. Facebook adalah salah satu tempat di mana semua hal bisa dicurahkan. Dari mulai kabar gembira pernikahan, informasi mengenai kejadian tertentu, bahkan caci-maki bisa dengan mudah kita temukan di Facebook.

Iklan berbayar di Facebook membantu bisnis kita untuk memilih mana saja post yang harus tampil kepada user yang potensial dan mana yang tidak. Seperti yang kita tahu, iklan Facebook kebanyakan muncul pada news feed usernya karena side bar ads hanya tersedia untuk tampilan desktop. Oleh karenanya, iklan Facebook harus didesain semenarik mungkin karena interaksinya yang bersifat personal.

Iklan membantu kita untuk mewujudkan hal tersebut. Adapun jika bisnis yang kita jalankan telah memiliki organic impression yang cukup tinggi, iklan membantu kita untuk meraih lebih banyak pasar. Dengan demikian, peluang yang kita dapat untuk mencapai konversi juga akan jauh lebih besar.

Facebook Ads bisa dikatakan sebagai social media marketing paling ideal. Sebab selain menyediakan berbagai fitur yang membantu kita memetakan customer, Facebook juga membekali kita selaku digital marketer dengan kursus yang menjadikan kita semakin mahir dan profesional. Kini di tengah meningkatnya tren e-commerce dan pengguna internet di Indonesia, sudah saatnya kita sebagai marketer mampu menangkap peluang-peluang tersebut guna meraih customer sebanyak-banyaknya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID