Home  »  Opinion   »  
Opinion

Menelusuri Jejak Asteroid, Inilah 10 Kawah Meteor Terbesar di Bumi

[Foto: pinterest.com]
Kawah merupakan wasiat yang menjadi bukti bahwa asteroid pernah jatuh ke Bumi. Namun, setelah jutaan tahun atau bahkan mungkin miliaran tahun, bentuk kawah tersebut bisa berubah karena erosi. Inilah yang membuat manusia sulit untuk memperkirakan besar meteroit secara persis.

Berbeda dengan kawah gunung berapi, kawah meteor berbentuk seperti mangkuk besar. Nah berbicara mengenai kawah di Bumi, ada konsensus ilmiah umum terkait kawah terbesar di dunia yang menjadi jejak asteroid. Berikut ini adalah 10 daftar kawah terbesar di Bumi, sebagaimana dilansir dari National Geographic.

Kawah Vredefort

Diperkirakan, Kawah Vredefort memiliki jari-jari 118 mil atau setara 190 kilometer. Kawah yang berlokasi di Free State, Afrika Selatan ini merupakan kawah meteor terbesar yang ada di Bumi. Peristiwa jatuhnya asteroid di lokasi ini diperkirakan sekitar 2 miliar tahun yang lalu. Tahun 2005, Kawah Vredefort masuk ke dalam Situs Warisan Dunia milik UNESCO.

Cekungan Sudbury

Terletak di Kanada Shield, Greater Sudburry, Ontario, kawah yang memiliki diameter sekitar 130 km ini terbentuk dari dampak superbenua Nuna. Mengingat usianya yang diperkirakan 1,8 miliar tahun lalu, struktur ini juga dikenal sebagai salah satu struktur tertua di dunia.

Kawah Acraman

Kawah meteor terbesar ketiga berada di Australia Selatan. Kawah Acraman diperkirakan merupakan dampak dari meteoroid yang jatuh 580 juta tahun yang lalu. Diameternya mencapai 90 km dan dikenal juga sebagai Danau Acraman.


Kawah Woodleigh

Ini adalah meteor terbesar di Australia. Letaknya ada di Woodleigh Station Timur, Shark Bay, Gascoyne, Australia Barat. Menurut survei dari Geologi Australia Barat dan Australian National University, perkiraan meteoroid ini jatuh 364 tahun yang lalu. Diameternya antara 40 sampai 120 km.

Kawah Manicouagan

Kawah Manicouagan adalah salah satu kawah meteor tertua dan terbesar di Bumi. Terletak di Manicougan Regional Countu, Quebec, Kanada, kawah ini berusia sekitar 215 juta tahun yang lalu. Dari atas, kawah ini tidak begitu terlihat karena mulai tertutup air. Malahan, kawah ini terlihat seperti cincin dengan diameter 100 km.

Kawah Morokweng

Kawah Morokweng terletak di Gurun Kalahari, kota Morokweng, North West, Afrika Selatan. Kawah ini dibentuk oleh meteoroid 145 juta tahun lalu dan masih menyimpan sisa-sisa fosil meteorit yang menghantamnya.

Kawah Kara

Karena sangat terkikis, kini Kawah Kara hampir tidak terlihat sebagai struktur di Rusia. Beberapa orang menyatakan bahwa struktur dampak meteor ini sebenarnya terdiri dari dua kawah yang berdekatan. Kawah Kara terletak di Semenanjung Yugorsky, Nenetsia, Rusia. Asteroid yang menabraknya diperkirakan pada 70,3 juta tahun lalu.

Kawah Chicxulub

Terletak di Semenanjung Yucatán di Meksiko. Banyak ilmuwan percaya bahwa meteorit yang meninggalkan kawah besar menjadi salah satu penyebab punahnya dinosaurus. Perkiraan rentang diameter kawah ini diralat dari 106 menjadi 186 mil (170 menjadi 300 kilometer. Jika benar terbukti, ini bisa menjadi kawah meteor terbesar di Bumi. Asteroid yang menabraknya diperkirakan 65 juta tahun lalu.

Kawah Popigai

Kawah Popigai terletak di Siberia, Rusia. Ilmuwan Rusia mengklaim, kawah ini berisi triliunan karat berlian, yang menjadikannya salah satu deposito berlian terbesar di dunia. Belakangan, berlian yang ditemukan di sini dinamakan ‘berlian meteor’. Kawah ini diperkirakan terbentuk 35,7 juta tahun yang lalu.

Kawah Chesapeake Bay

Kawah yang ditemukan pada awal tahun 1980 ini terletak sekitar 125 mil (201 kilometer) dari Washington, DC. Sejumlah perkiraan mengatakan, kawah ini berdiameter 53 mil (85 kilometer). Diperkirakan kawah ini ditabrak meteoroid 35 juta tahun yang lalu.