Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Mengatasi Masalah pada Windows Store dengan Metode Menghapus dan Mereset Cache

[Gambar: techcentral.ie]
Sejak Windows 10 pertama kali diluncurkan, sudah banyak pengguna yang melaporkan adanya masalah dengan aplikasi Windows Store dan Start Menu. Meskipun Windows juga sudah memberikan pembaharuan / update lagi untuk memperbaiki masalah ini, namun rasanya masih saja ada pengguna yang mengalami hambatan saat akan mengunduh dan menginstall aplikasi dari Windows Store. Untuk itu, dalam artikel ini saya akan membahas sebuah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Jika aplikasi Windows Store Anda tidak mau mengunduh aplikasi atau jika instalasi aplikasi macet di tengah proses tanpa adanya masalah tertentu, maka Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menghapus dan mereset cache pada Windows Store. Anda juga bisa mencoba menghapus dan mereset cache Windows Store  jika Anda tidak bisa memperbaharui aplikasi yang diinstall dari Store atau ketika aplikasi Store tidak bisa dibuka. Untungnya, proses menghapus dan mereset cache Windows Store sangat mudah untuk dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menggunakan PowerShell. Windows 10 sebenarnya telah menyediakan sebuah tool bawaan bernama WSReset yang bisa digunakan untuk menghapus dan mereset cache pada Windows Store. Perlu dicatat, menghapus dan mereset cache Windows Store tidak akan meghapus aplikasi yang sudah Anda install atau akun Microsoft yang terhubung dengan aplikasi Store tersebut.


Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus dan mereset Cache pada Windows Store Anda.

 

Langkah 1: Jika Anda sedang membuka aplikasi Windows Store, tutup dulu aplikasi tersebut sebelum melakukan proses.

Langkah 2: Pada kotak pencarian di Start Menu, ketikkan WSReset (Windows Store Reset) untuk melihat ikon Wsreset pada hasil pencarian.

Langkah 3: Klik kanan pada ikon WSReset, kemudian klik opsi Run as administrator. Klik tombol Yes saat Anda melihat kotak User Account Confirmation.

Harap diperhatikan, jika WSReset tidak muncul dalam hasil pencarian, Anda dapat menemukannya melalui folder System32 (Windows \ System32). Untuk membuka WSReset dari folder System32, silahkan masuk ke drive tempat instalasi Windows 10 (biasanya di drive “C”), buka folder Windows, kemudian buka folder System32. Di sini, Anda dapat menemukan file WSReset.exe. Klik kanan pada ikon tersebut kemudian klik opsi Run as administrator.

Langkah 4: Setelah menjalankan tool tersebut, aplikasi Store akan langsung terbuka bersamaan dengan Command Prompt. Layar Command Prompt akan secara otomatis menghilang setelah beberapa detik.

Selesai! Anda sudah berhasil menghapus dan mereset cache Windows Store pada PC Windows 10. Sekarang, langsung saja coba buka aplikasi Store dan install beberapa aplikasi dari Store. Sekarang, Anda bakalan bisa mengunduh dan menginstall aplikasi melalui Windows Store tanpa hambatan. Selamat mencobanya!