Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Mengenal 5 Istilah Populer dalam Google AdWords

[Foto: googleusercontent.com]
Menjadi seorang digital marketer, tak lengkap rasanya jika tidak menguasai Google AdWords yang merupakan salah satu tool paling populer dalam digital marketing, khususnya Search Engine Marketing (SEM). Bagi Anda yang kini sudah menguasai Google AdWords, bahkan sudah bersertifikasi, saya ucapkan selamat belajar lebih dalam. Proses belajar yang berkelanjutan penting bagi seorang digital marketer. Tak terkecuali bagi Anda yang sedang dalam proses belajar atau bahkan baru mengenal tool ini.

Google secara khusus menyediakan berbagai tutorial dan pengenalan AdWords yang dapat Anda akses dengan gratis. Anda bisa membaca artikel-artikel dari blog, menonton video di YouTube, dan juga mengikuti kursus jika memang memungkinkan baik dari segi waktu ataupun biaya. Dalam artikel kali ini, saya akan membahas beberapa term yang banyak dipakai dalam Google AdWords berikut penjelasannya. Memahami berbagai terminologi ini penting bagi Anda yang sedang dalam proses mempelajari AdWords. Sebab, dalam proses penggunaannya nanti, berbagai terminologi ini akan sangat sering dipakai.

Campaign

Campaign merupakan istilah paling umum yang sering digunakan dalam AdWords. Campaign merupakan proses utama dalam SEM itu sendiri. Campaign memuat berbagai ad group yang masing-masing terdapat ad. Jadi bisa dikatakan campaign adalah SEM itu sendiri. Campaign umumnya memiliki satu tujuan yang disesuaikan dengan tujuan bisnis masing-masing, bisa untuk generate revenue, brand awareness, atau lead generation.

Ad group


Ad group merupakan kumpulan dari berbagai ad atau iklan. Dalam sebuah campaign, ad group digunakan untuk pengelompokan. Misalnya jika sebuah campaign bertujuan untuk mengkampanyekan produk hotel, maka ad group bisa dibuat berdasarkan nama hotel atau nama kota tempat hotel tersebut berada. Pengelompokan ini bertujuan untuk mengatur campaign agar mudah dioptimisasi. Biasanya dalam sebuah ad group terdiri atas satu jenis produk kategori. Ini dilakukan agar keyword yang digunakan tidak bertabrakan satu sama lain dalam sebuah campaign. Selain itu, pengelompokan satu kategori produk dalam sebuah ad group juga membantu digital marketer untuk lebih mudah memantau performa tiap-tiap produk dalam iklan. Sehingga bisa dijadikan acuan untuk mengatur bidding.

Bidding

Bidding adalah satu istilah yang juga tak kalah sering dipakai dalam AdWords. Bidding berasal dari kata bid yakni jumlah nominal tertentu yang kita bayarkan kepada Google apabila iklan kita mencapai tujuannya. Bidding ini memiliki beberapa jenis strategi yang lagi-lagi dapat kita atur menyesuaikan dengan tujuan campaign. Misalnya jika tujuan kita untuk brand awareness, kita bisa menggunakan Cost per Impression (CPM), artinya kita akan membayar ketika iklan tersebut tampil. Dalam hitungan Google, impression dihitung per 1000 impression. Jadi, kita akan membayar sejumlah tertentu kepada Google ketika iklan tersebut telah tampil sebanyak 1000 kali. Berbeda lagi dengan Cost per Click (CPC) yang mengharuskan kita membayar ketika iklan kita diklik oleh user. Model-model bidding strategy ini bisa dipelajari lebih lanjut ketika menggunakan tool Google AdWords.

Search term

Search term merupakan satu istilah yang digunakan untuk menyebut suatu query yang dituliskan oleh user di search engine yang memicu iklan kita muncul, tetapi query tersebut tidak termasuk ke dalam keyword. Search term report dapat kita lihat di tab keyword pada dashboard Google AdWords. Search term report ini dapat menjadi sebuah insight yang membantu kita untuk meraih lebih banyak customer.

Keyword planner

Keyword planner merupakan sebuah tool yang disediakan oleh AdWords. Gunanya adalah membantu kita menganalisis keyword-keyword apa saja yang bagus atau tidak untuk kita gunakan. Keyword planner menyediakan berbagai informasi mengenai seberapa banyak orang mengakses keyword tersebut dan bagaimana kompetisinya dengan pengiklan lain. Tool ini sangat membantu dalam proses riset keyword yang merupakan salah satu kunci penting keberhasilan sebuah campaign.

Selain lima hal di atas, tentunya masih banyak sekali istilah dalam Google AdWords yang harus kamu pahami sebelum menggunakan tool tersebut dengan baik. Memahami keseluruhan tidak harus dicapai dalam satu waktu. Anda bisa tetap memanage campaign menggunakan AdWords dengan tetap belajar untuk tujuan improvisasi.