News

Mengenal Apa Itu Full HD, 4K, Ultra HD dan Cara Menikmatinya

[Foto: Flickr.com/flash.pro]
Kalau Anda sudah terbiasa menonton televisi berteknologi high-definition, cobalah sesekali menonton televisi tabung yang jadul, pasti terasa sekali bedanya ‘kan? Teknologi high-definition alias HD memang telah mengubah preferensi dan kebiasaan kita dalam menonton televisi atau video di perangkat digital kita.

Sekarang muncul lagi istilah ultra HD alias 4K, dan perangkat yang dilengkapi teknologi ini memungkinkan kita untuk menyaksikan tayangan dengan gambar yang jernih, cerah dan sempurna, bahkan mungkin terlihat lebih bagus daripada gambar aslinya.

4K adalah jumlah piksel yang ada di dalam empat layar full HD 1080 piksel yang diatur dalam grid dua kali dua, yang memungkinkan kita untuk melihat tampilan konten sedetail dan setajam mungkin. Gambar yang dihasilkan sangat hidup dan detail, walaupun ukuran layar televisinya lebih dari 50 inci.

Rahasia ketajaman dan kejernihan gambar televisi 4K terletak dalam jumlah pikselnya. Sebagai perbandingan, televisi HD biasa memiliki 1.920 piksel di kolom vertikal dan 1.080 piksel di kolom horizontal. TV Ultra HD memiliki resolusi total 3.840 piksel vertikal dan 2.160 horizontal, hanya sedikit lebih kecil daripada layar bioskop yang sebesar 4.096 x 2.160 piksel.

Baca Juga:  Kembangkan Teknologi Swa Kemudi, Honda Diskusikan Rencana Kolaborasi Dengan Induk Perusahaan Google, Alphabet

Namun sayangnya, walaupun televisi 4K telah diluncurkan sejak beberapa tahun lalu, saat itu harganya sangat mahal sehingga hanya kalangan tertentu saja yang mampu membelinya.


Karena itulah, spesifikasi Ultra-HD kemudian digodok ulang dan diturunkan sedikit, sehingga kini kita mengenal istilah high dynamic range (HDR). Dan tentu saja, seiring berlalunya waktu, teknologi menjadi semakin terjangkau, dan televisi berkualitas 4K kini sudah mulai bisa dibeli oleh banyak lapisan masyarakat.

Bersamaan dengan makin familiarnya perangkat digital 4K, konten yang bisa dinikmati pun ikut berkembang berkali lipat lebih banyak dan bervariasi. Mulai dari film dan serial televisi hingga pertandingan olahraga kini bisa disaksikan dengan kualitas 4K.

Dari sekian banyak konten 4K yang tersedia di luar sana, yang mana saja yang bisa Anda tonton? Seperti dilansir dari Pocket-lint, Selasa, 27 Desember 2016, berikut penjelasan mengenai cara menonton tayangan 4K, baik di televisi maupun di Internet melalui layar ponsel dan laptop.

Dua cara termudah untuk mengakses konten 4K di Internet adalah melalui Netflix dan Amazon Prime Video. Dua raksasa video streaming tersebut telah berkomitmen untuk menyajikan konten-konten 4K dalam bentuk film dan serial televisi, walaupun beberapa film 4K di Amazon harus dibeli atau disewa agar dapat ditonton. Keduanya juga menyediakan konten-konten berkualitas HDR, dan Netflix juga telah menyediakan fitur Dolby Vision untuk menyesuaikan dengan beberapa jenis televisi seperti LG OLED.

Baca Juga:  Robot AI ini Dijadikan "Pengacara" oleh Baker & Hostetler

Netflix telah mengklaim tempat sebagai layanan video streaming yang menyediakan konten 4K dengan merilis House of Cards – Season 2, serial televisi pertama yang memiliki kualitas gambar 4K ready. Sejak saat itu, pilihan tayangan 4K ready di Netflix makin banyak dan beragam, dan kini telah tersedia 26 tayangan yang masuk ke dalam kategori film, serial televisi, dan tayangan dokumenter.

Untuk menikmati tayangan 4K di Netflix, Anda harus memiliki televisi 4K dan sebuah koneksi HDMI 2.0 yang menunjang HDCP 2.2, jika ingin menyambungkan laptop atau smartphone dengan televisi Anda. Koneksi tersebut tak diperlukan jika televisi anda sudah merupakan smartTV. Beberapa SmartTV 4K sudah memiliki aplikasi Netflix yang terpasang di sistemnya. Untuk menikmati tayangan Netflix, Anda harus menjadi member dan berlangganan salah satu paketnya.