Review

Mengenal Berbagai Platform Otomatisasi untuk Digital Marketing

[Foto: emblixsolutions.com]
[Foto: emblixsolutions.com]
Marketing automation menjadi salah satu hal yang diprediksi akan menjadi tren ke depan di dunia digital marketing. Istilah marketing automation merujuk pada sebuah teknologi yang dikembangkan untuk mengelola pemasaran secara lebih efektif dalam berbagai channel seperti media sosial, email, hingga iklan berbayar. Teknologi ini memungkinkan digital marketing berjalan secara otomatis melalui tugas yang direpetisi. Hingga saat ini, setidaknya ada berbagai platform yang dikenal sebagai tools untuk melakukan marketing automation.

1. Marketo

Marketo merupakan platform multifungsi yang menawarkan otomatisasi digital marketing dalam berbagai channel. Platform ini memiliki berbagai fitur yang dapat memberikan pelayanan seperti customer engagement marketing, pesan personal untuk email penawaran, hingga mengatur budget untuk berbagai channel iklan digital. Selain itu, Marketo juga menawarkan data kepada kliennya berupa analisis kuat dari berbagai jenis customer yang masuk ke dalam database mereka.

2. Pardot

Pardot merupakan sebuah platform yang memiliki fokus untuk meningkatkan penjualan. Biasanya, platform ini digunakan oleh website e-commerce untuk meningkatkan penjualan melalui channel digital seperti email marketing dan social media marketing. Secara spesifik, platform ini memang menawarkan berbagai tools yang sangat membantu website untuk mengetahui seberapa jauh hasil penjualan, mengoreksi berbagai kesalahan yang menghambat marketing, hingga memberikan ROI reporting untuk setiap penggunanya.

3. Oracle Eloqua

Oracle berfokus untuk otomatisasi campaign melalui berbagai channel. Platform ini menyediakan berbagai tools menarik, yakni segmentasi customer, targeting, hingga mengatur budget. Iklan digital yang kompleks menjadi lebih simpel dengan menggunakan tools ini. Selain memberikan kemudahan, Oracle juga menawarkan report yang sangat komprehensif dan memberikan banyak insight untuk proses marketing selanjutnya.

4. Customer.io

Customer.io membantu kita untuk mengirimkan pesan secara personal kepada calon customer berdasarkan preferensi. Platform ini mampu mengenali berbagai interaksi customer dan mentransformasikan informasi tersebut untuk memberikan penawaran yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, berbagai kemudahan juga ditawarkan oleh platform yang hadir dalam versi website maupun aplikasi ini, yakni berupa real-time report, hingga data-data yang memberikan banyak insight untuk proses marketing. Customer.io mampu menganalisis perilaku konsumen dan mengolah informasi tersebut untuk kebutuhan marketing.

5. HubSpot

HubSpot merupakan platform untuk inbound marketing yang memberikan berbagai layanan dengan fitur yang menarik. Platform ini mengkombinasikan berbagai tools melingkupi tracking aktivitas customer di website dan media sosial, email marketing, hingga SEO untuk mendongkrak organic search pada sebuah mesin mencari. HubSpot memiliki berbagai metode yang kompleks namun efektif untuk meningkatkan customer engagement. Selain itu, platform ini juga menawarkan real-time report yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menganalisis kebutuhan customer.

6. AdRoll

AdRoll berfokus pada layanan otomatisasi iklan digital melalui berbagai channel populer seperti Google, Facebook, maupun Twitter. Platform ini membantu kita untuk mengenali customer lebih dalam, menargetkan iklan kepada customer secara lebih spesifik, dan mendeliver iklan secara efektif dengan jangkauan yang lebih maksimal. Melalui channel populer seperti Google, Facebook, maupun Twitter, AdRoll memastikan sebuah produk sampai kepada konsumennya dengan cara yang lebih mudah, murah, dan efisien.

7. BuzzBuilder

BuzzBuilder menawarkan otomatisasi khususnya pada email marketing untuk meningkatkan penjualan. Platform ini didesain untuk mampu mentracking setiap customer dan menganalisisnya hingga menghasilkan sebuah data. Data inilah yang dipakai sebagai acuan untuk proses otomatisasi email marketing yang pastinya telah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing customer.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID