Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Mengenal File APK Pada Android dan Cara Menginstallnya

[Gambar: frandroid.com]
Jika Anda memiliki perangkat Android, tentunya Anda sudah pernah mendengar istilah file APK. Sebenarnya apa file APK itu, apa fungsinya, dan bagaimana cara menggunakannya? Artikel ini akan berusaha menjawab pertanyaan Anda seputar APK.

Apa sih file APK itu? Di komputer, Anda mungkin sudah mengenal format data .exe yang biasa digunakan untuk menginstall software pada komputer. Nah, kalau APK ini merupakan sebuah format data yang digunakan untuk menginstall software pada perangkat dengan sistem operasi Android. Jika Anda memiliki sebuah aplikasi dalam bentuk APK, itu artinya Anda bisa menginstallnya tanpa perlu masuk ke dalam Google Play Store terlebih dahulu.


File APK ini merupakan sebuah solusi bagi Anda yang ingin menginstall aplikasi yang tidak ada di Play Store atau mungkin tidak tersedia pada Play Store di negara Anda. Contohnya, pada saat permainan Pokémon Go belum masuk ke secara resmi di Indonesia, sudah banyak orang yang memainkan permainan ini. Orang-orang yang sudah bermain lebih dulu ini menginstall game tersebut melalui file APK, dan bukan melalui Google Play Store.

Cara mendownload APK. Sebenarnya, file APK itu bisa dengan mudah ditemukan di internet melalui Google. Tapi Anda harus berhati-hati dalam memilih sumber APK yang akan Anda unduh. Tidak jarang, ada oknum-oknum ‘nakal’ yang menyuntikkan malware ke dalam APK yang dibagikannya. Salah satu situs sumber APK yang relatif aman dan terpercaya adalah APK Mirror, AppBrain, dan AndroidFreeware. Meskipun begitu, pastikan Anda membaca komentar dan testimonial pengunjung sebelum mengunduh APK tersebut.

Cara menginstall APK. Sebelum Anda bisa menginstall file APK pada ponsel Anda, pastikan bahwa perangkat Anda sudah memberikan akses bagi aplikasi pihak ketiga untuk dijalankan pada perangkat Anda. Masuk ke dalam menu Settings -> Security/Privacy -> kemudian aktifkan opsi Unknown Sources untuk mengizinkan ponsel Anda untuk menginstall aplikasi dari sumber lain di luar Google Play Store. Setelah itu, buka file APK yang telah Anda unduh melalui file explorer di perangkat Android Anda. Setelah muncul kotak dialog, pilihlah opsi Install.