Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Mengenal Microsoft To-Do, Aplikasi Manajemen Tugas Penerus Wunderlist

[Foto: appadvice.com]

Pada tahun 2015 lalu, Microsoft telah mengakusisi sebuah aplikasi manajemen tugas bernama Wunderlist. Berselang dua tahun setelah akuisisi tersebut, Microsoft kini telah merilis sebuah aplikasi to-do list bernama Microsoft To-Do. Pada aplikasi ini, pengguna dapat membuat to-do list sederhana, membuat pengingat, dan mengelola proyek yang tengah dikerjakan. Aplikasi gratis dari Windows ini telah tersedia untuk perangkat Windows, Android, maupun iPhone. Wunderlist sendiri belum benar-benar mati, namun ia tidak akan lagi menerima pembaharuan software. Microsoft menjelaskan bahwa ia akan mempensiunkan aplikasi tersebut setelah selesai mengintegrasikan masukan dan komentar dari para pengguna dengan elemen-elemen terbaik pada Wunderlist ke dalam Microsoft To-Do.


Menurut Microsoft, aplikasi ini memang dirancang oleh tim yang sama seperti yang membuat Wunderlist. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak fitur pada Microsoft To-Do yang serupa dengan Wunderlist. Misalnya saja beberapa fungsi dasar, seperti membuat daftar tugas untuk kerjaan, sekolah, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Anda bisa mengkreasikan daftar tersebut sesuai keinginan dan juga kebutuhan Anda. Anda juga bisa mempersonalisasi daftar yang Anda miliki dengan tema yang telah dikustomisasi. Anda bisa menyusun daftar to-do berdasarkan alfabet, tenggang waktu, waktu pembuatan, dan My Day. Ada juga fungsi pencarian yang berguna untuk dengan cepat mencari tugas tertentu. Fitur ini tentunya akan sangat berguna bagi pada pengguna yang memiliki puluhan daftar dan ratusan tugas di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Microsoft To-Do untuk membuat catatan. Anda bisa dengan mudah menambahkan catatan ke dalam tugas Anda.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Fitur Game Mode pada Windows 10

Meskipun begitu, Microsoft To-Do memang masih belum bisa melakukan semua hal yang dilakukan oleh Wunderlist. Masih ada cukup banyak fitur-fitur utama pada Wunderlist yang menghilang dari aplikasi ini. Namun, cepat atau lambat aplikasi ini akan dilengkapi oleh fitur-fitur yang ada pada Wunderlist. Misalnya saja kemampuan untuk mengakses Microsoft Outlook Tasks dari aplikasi Microsoft To-Do attau fitur untuk berbagi daftar yang telah Anda buat pada aplikasi tersebut. Anda juga untuk saat ini masih belum bisa menugaskan sebuah tugas pada orang lain, yang merupakan fitur utama dalam plan bulan Wunderlist yang dibanderol $5 per bulan. Sayangnya, Microsoft sendiri belum memberikan lini masa maupun perkiraan waktu mengenai kapan aplikasi Microsoft To-Do ini bisa benar-benar siap untuk menggantikan posisi aplikasi Wunderlist.

Tidak berhenti sampai di sana, Microsoft juga tengah mempersiapkan aplikasi Microsoft To-Do untuk Mac dan aplikasi tablet untuk iOS dan Android. Selain itu, sejauh ini aplikasi ini masih belum mendukung fitur live tile. Ini artinya, meskipunj Anda bisa aplikasi To-Do ke menu Start, tile aplikasi To-Do pada Start menu tidak akan menampilkan tugas-tugas Anda. Aplikasi Microsoft To-Do ini mengharuskan Anda untuk sign in dengan akun Microsoft. Namun, jika Anda sudah menggunakan akun Microsoft untuk sign in  ke dalam perangkat Windows 10, maka aplikasi tersebut secara otomatis akan menggunakan akun Microsoft Anda saat pertama kali diinstall ke dalam PC Windows 10 Anda.

Baca Juga:  Cara Membuka Lokasi Program-Program Startup pada PC Windows 10