News

Mengenal “Stingray”, Perangkat Penyadap Ponsel dari FBI

Sudah bukan rahasia lagi jika FBI (Federal Bureau of Investigation) dikenal memiliki teknologi yang canggih untuk digunakan dalam proses penyelidikannya. Salah satu teknologi yang menjadi kontroversial di Amerika Serikat saat ini adalah Stingray. Tidak banyak yang tahu tentang perangkat ini sampai akhirnya ada sebuah kasus tahun 2012 yang mencuat ke publik.

Stingray adalah sebuah perangkat yang bekerja seperti BTS operator selular. Perangkat ini mengecoh ponsel agar terkoneksi dengan alat ini alih-alih terkoneksi dengan BTS yang sesungguhnya. Perangkat ini bisa melacak keberadaan sebuah ponsel, membaca isi pesan teks yang lewat, serta menyadap pembicaraan yang terjadi.

Namun Stingray tidaklah diproduksi oleh FBI sendiri. Pembuat perangkat ini adalah Harris Corporation, sebuah perusahaan yang sudah melantai di bursa saham New York. Majalah Wired melabeli perusahaan ini sebagai ancaman terbesar nomor 2 terhadap privasi dan komunikasi di internet.

Pada tahun 2012 ada kesepakatan antara FBI dan kepolisian lokal Erie County, New York. Di dalam kesepakatan ini disebutkan bahwa pihak kepolisian Erie County setuju untuk mencabut tuntutan kriminalnya ketimbang harus mengungkapkan informasi soal perangkat rahasia ini. Hal ini dikemukakan oleh hakim Patrick H. NeMoyer.

Erie County menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk mengadopsi teknologi ini. Pembelian dua perangkat Stingray beserta komponen pendukungnya, menghabiskan biaya $350.000. Ini sudah termasuk biaya pelatihan penggunaannya.

Tetapi kecanggihan alat ini justru kadang membuat hukuman pelaku kriminal jadi lebih ringan atau bahkan bebas sama sekali. Dalam sebuah kasus, seorang pengacara mengetahui bahwa kliennya (tersangka pelaku kriminal), ternyata ditangkap dengan bantuan Stingray. Tak ingin informasi ini meluas, akhirnya jaksa menawarkan kesepakatan khusus bagi terdakwa. Sang terdakwa akhirnya mendapatkan keringanan hukuman, dari 4 tahun penjara menjadi hukuman percobaan 6 bulan.

Sepertinya alat ini hanya bisa digunakan untuk mengungkap kejahatan dengan satu catatan. Pengacara terdakwa tidak boleh tahu jika kliennya ditangkap dengan bantuan Stingray ini.

 

Sumber: KSL.com

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID