News

Menurut Riset, Pengguna Ponsel Android Lebih Jujur Daripada Pengguna iPhone

[Foto: unsplash.com]
[Foto: unsplash.com]
Tahukah Anda bahwa kita bisa menilai kepribadian seseorang dari jenis ponsel yang digunakannya? Ide ini memang terdengar tidak masuk akal, tapi rupanya sekelompok peneliti Inggris berhasil membuktikan kebenarannya. Faktanya, hasil penelitian mereka mengungkapkan bahwa pengguna ponsel Android cenderung lebih jujur ketimbang pengguna iPhone.

Makalah yang berjudul “Predicting Smartphone Operating System from Personality and Individual Differences” ini sebelumnya telah dipresentasikan pada konferensi tahunan British Psychological Society Social Psychology Section pada bulan September lalu. Pada penelitian tahap pertama, para peneliti meminta 240 partisipan untuk mengisi kuestioner mengenari karakteristik pengguna masing-masing brand smartphone. Setelah itu, mereka menguji stereotipe ini terhadap kepribadian dari 530 orang pengguna smartphone Android dan iPhone.

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa mayoritas pengguna iPhone adalah wanita, berusia lebih muda, dan cenderung menganggap penting smartphone untuk menunjukkan status sosial seseorang. Dari segi kepribadian, terungkap bahwa pengguna iPhone cenderung memiliki tingkat kejujuran dan kerendahan hati yang lebih rendah dibandingkan pengguna Android. Mereka juga menemukan bahwa pengguna iPhone lebih emosional dibandingkan pengguna Android. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna Android cenderung berusia lebih tua, jujur, dan rendah hati dibandingkan dengan pengguna iPhone. Mereka juga diklaim cenderung tidak begitu tertarik dengan kekayaan maupun status sosial.

Tujuan dari makalah itu sendiri adalah untuk membangun sebuah model yang dapat memprediksi jenis ponsel yang dimiliki seseorang. “Kami berhasil membangun model statistik yang bisa memprediksi [secara akurat] 70 persen jenis ponsel yang dimiliki seseorang setelah menanyakan beberapa pertanyaan mengenai diri mereka sendiri.” Jelas David Ellis, salah satu peneliti pada penelitian ini.

Nampaknya, kini smartphone bukanlah sekedar bagian kecil dalam kehidupan kita—ia secara perlahan berkembang menjadi ‘versi kecil’ dari penggunanya. Heather Shaw, penulis utama dari penelitian tersebut mengatakan: “Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang tidak suka ketika orang lain menggunakan ponsel mereka. Ponsel [memang] bisa mengungkapkan banyak hal tentang seseorang.”

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID