Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Menyelesaikan Masalah Aktivasi Windows 10 dengan Fitur Troubleshooter

[Gambar: Windows]
Apakah Anda baru saja meng-upgrade sistem operasi Windows Anda ke Windows 10? Atau mungkin menginstall ulang Windows 10 Anda? Mungkin saja, dalam prosesnya Anda mengalami masalah saat proses aktifasi. Jangan dulu cemas. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara untuk menggunakan fitur troubleshooter resmi dari Windows untuk mengatasi masalah atau error yang terkait proses aktifasi Windows 10. Mari langsung saja kita simak penjelasannya.

Troubleshooter aktivasi Windows 10

Pada build teranyar, terdapat sebuah fitur troubleshooter bawaan Windows yang dapat mendiagnosa dan memperbaiki masalah aktivasi pada Windows 10. Fitur tersebut dapat digunakan pada berbagai kasus seperti: ketika Anda tidak bisa mengaktifkan Windows 10 dengan menggunakan product key yang Anda miliki; ketika Windows tiba-tiba tidak aktif setelah menginstall major update; dan setelah meng-upgrade sistem operasi dari versi Windows yang sebelumnya. Terdengar familiar dengan permasalahan ini?


Fitur troubleshooter untuk proses aktivasi Windows 10 ini akan mencoba untuk mendeteksi pennyebab error pada aktivasi dan mencoba untuk mengaktifkan sistem operasi Windows 10 Anda. Namun, jika product key Windows 10 yang terakhir dimasukkan tidaklah valid atau sangat bermasalah, fitu tersebut akan menyarankan tindakan yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali Windows 10. Adanya fitur troubleshooter aktivasi ini tentunya akan sangat membantu tim support Windows 10 di Microsoft karena ia bisa mengatasi sendiri masalah aktivasi bagi banyak pengguna yang mengalami masalah aktivasi setelah upgrade ke Windows 10 atau menginstall ulang Windows 10. Dengan kata lain, sangat direkomendasikan untuk menggunakan fitur troubleshooter jika Windows 10 Anda sebelumnya sudah diaktifkan, versi Windows yang Anda gunakan sebelumnya sudah diaktifkan, atau jika Anda mengalami masalah aktivasi setelah menginstall ulang Windows 10.

Menggunakan fitur troubleshooter aktivasi Windows 10 untuk mengatasi masalah aktivasi

Ikuti langkah-langkah di bawah untuk mengakses fitur troubleshooter tersebut.

Langkah 1: Buka aplikasi Settings dengan cara mengklik ikonnya pada Start menu atau menggunakan keyboard shortcut logo Windows dan I.

Langkah 2: Setelah aplikasi Settings dijalankan, klik ikon Update & security.

Langkah 3: Klik Activation. Pada bagian Activate Windows now, klik tautan Troubleshoot untuk menjalankan fitur Troubleshoot.

Langkah 4: Fitur troubleshooter akan mencoba untuk mendeteksi masalah yang membuat Windows 10 jadi non aktif dan tidak bisa diaktifkan. Jika fitur ini tidak bisa mengaktifkan Windows 10 Anda sendiri, maka ia akan menunjukkan cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan Windows 10 Anda.

Jika masalah aktivasi masih saja muncul setelah Anda menggunakan fitur troubleshooter tersebut, ada baiknya jika Anda langsung menghubungi tim support Microsoft dengan menggunakan aplikasi Contact Support bawaan dari Microsoft. Anda bisa berbicara langsung dengan layanan konsumen atau meminta mereka untuk menelpon Anda.