Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Merasa Jenuh atau Tidak Semangat Bekerja? Simak 7 Tips Kembalikan Semangat Bekerja Sebelum Gajian Berikut Ini!

Jenuh Bekerja Karena Belum Gajian

Pernahkah Anda merasa malas untuk bersiap diri ke kantor atau memulai rutinitas kerja sebelum gajian? Atau mungkin Anda mulai jenuh dengan rutinitas Anda terutama karena Anda belum gajian sehingga membuat malas untuk memulai aktivitas harian Anda?
Pasti tidak enak rasanya mengingat pekerjaan menanti di tengah-tengah waktu belum gajian. Tapi itulah kenyataan yang harus Anda hadapi. Apalagi saat Anda mengingat kemacetan lalu lintas yang tak dapat dihindari, pekerjaan yang harus diselesaikan bahkan meeting yang tertunda.
Akibatnya, saat menjelang berakhirnya libur, bukannya relaks yang didapat melainkan tekanan akibat pikiran besok harus kerja. Absen atau cuti mungkin menjadi pilihan utama untuk menghadapi atasan yang mungkin kita kurang suka.

Kembalikan Semangat Bekerja Sebelum Gajian

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak 7 tips kembalikan semangat bekerja sebelum gajian berikut ini:

1. Bagi Tugas yang Sedang Dihadapi Menjadi Bagian Kecil

Saat Anda mulai merasa tidak semangat bekerja karena belum gajian, cobalah untuk membagi tugas yang sedang dihadapi menjadi bagian-bagian kecil. Misalnya, ketika Anda diberi tugas untuk mengerjakan laporan kantor, Anda bisa membagi pekerjaan itu dalam beberapa tahapan.
 
Dengan melakukan cara ini diharapkan akan membuat pekerjaan terlihat lebih sederhana dan ringan untuk kemudian membuat skala prioritas pekerjaan apa yang akan dikerjaan terlebih dahulu.
 
Tentu Anda bisa memilih, pekerjaan mana yang mendesak dan tidak. Pilihlah dengan hati-hati, sebab, proses ini akan berpengaruh terhadap mood dan emosi Anda sehingga mengurangi rasa jenuh saat bekerja.
 
Jika Anda merasa jenuh atau tidak semangat karena belum gajian, cobalah untuk memikirkan hal menyenangkan dari pekerjaan yang Anda tekuni. Pikirkan momen pertama saat Anda masuk dan bergabung di tempat Anda bekerja saat ini.
 
Cobalah untuk mengingat dan memikirkan kembali hal-hal menyenangkan yang Anda peroleh selama menekuni pekerjaan tersebut. Jadikanlah hal tersebut sebagai motivasi untuk kembali bersemangat dalam bekerja.
 
 
3. Mencontoh Teman yang Mencintai Pekerjaannya
Mencontoh teman yang mencintai pekerjaan dan tetap semangat sebelum gajian, bisa membuat Anda juga bersemangat. Selama hal tersebut positif seperti mencontoh perilaku rekan kerja Anda maka cobalah untuk melakukannya.
 
Perhatikan atau lihat caranya mengatasi beban pekerjaan yang begitu berat. Jadikan cara jitunya sebagai inspirasi bagi Anda untuk menambah motivasi bekerja. Dengan begitu, Anda bisa terus termotivasi untuk bekerja walaupun belum gajian.
 

4. Rencanakan Masa Depan dan Jangka Panjang


Saat Anda megalami fase jenuh, cobalah melihat dan menata kembali rencana masa depan Anda. Rencana masa depan yang jelas dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat kerja.
 
Ini juga salah satu cara kembalikan semangat bekerja saat belum gajian yang membuat Anda merasa semangat kembali. Diharapkan, Anda dapat melanjutkan rencana ini sehingga tidak menjadi angan-angan semata.
 

5. Beri Waktu Bagi Diri Anda Sendiri Untuk Relaks

Jika Anda merasa benar-benar jenuh dan tidak semangat bekerja, maka cobalah untuk memberi waktu bagi diri Anda sendiri untuk relaks. Ini akan mengembalikan rasa semangat Anda. Ajak juga teman dekat yang bisa dipercaya untuk berbagi cerita. Mungkin darinya Anda bisa mendapat masukan yang baik dan semangat kembali.
 

6. Berolahraga Setelah Pulang dari Kantor

Berolahraga tidak hanya membuat tubuh Anda sehat tetapi juga menstabilkan emosi Anda. Olahraga mampu mengusir stres dan penat. Mungkin Anda merasa lelah setelah seharian berkutat dengan pekerjaan kantor terlebih belum gajian. Tentu hal ini kadang membuat jenuh.
 
Dengan melakukan olahraga yang santai dan menyenangkan seperti berenang, aerobik, atau bersepeda. Anda bisa mendapatkan badan kembali segar, hilang rasa tekanan pada rutinitas kerja Anda.
 

7. Bersyukur dengan Hasil Jerih Payah Anda

Bersyukur dengan apa yang Anda miliki dan hasil jerih payah Anda juga sedikit banyak akan membuat semangat kembali. Dengan bersyukur Anda juga akan lebih menghargai pekerjaan Anda dan terpacu untuk lebih semangat menjalani pekerjaan Anda serta lebih semangat kembali untuk bekerja sebelum gajian.
 
Saat-saat sebelum gajian memang sering membuat merasa tidak bersemangat, Anda harus kembalikan semangat Anda! Dengan melakukan 7 tips kembalikan semangat bekerja belum gajian ini merupakan cara tepat mengembalikan semangat bekerja Anda.