Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Meredakan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat di Bulan Puasa

Tips Meredakan Sakit Tenggorokan Dengan Cepat

Setelah beberapa hari menjalani puasa, tentunya kita akan mendapatkan beberapa kendala yang dialami. Selain mengalami dehidrasi ketika berpuasa, terkadang kita juga mengalami beberapa penurunan daya tahan tubuh.
Terjadinya sakit tenggorokan memicu tubuh mengalami demam, sulit untuk berbicara, dan gejala lainnya. Sakit tenggorokan terjadi karena kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga memicu bakteri berkembang pada tenggorokan.
Saat tenggorokan Anda menjadi sakit, hal ini tak perlu Anda khawatirkan. Hanya perlu tips untuk meredakan sakit tenggorokan degan cepat di bulan puasa. Apa sajakah itu? Yuk, simak tips-nya!

1. Minum Obat

Umumnya, sakit tenggorokan sangat terkait dengan batuk, sebagai langkah awal Anda bisa pergi ke apotek dan menanyakan obat yang tepat dari apoteker atau berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda. Mengenai waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat, selama Anda ingin tetap berpuasa Anda bisa mengonsumsinya saat malam sebelum tidur atau saat sahur. Perhatikan dosis yang telah dianjurkan agar tidak memengaruhi aktivitas Anda. 
 

2. Perbanyak Minum Air Putih

Saat berpuasa, tentunya tubuh akan banyak mengeluarkan cairan. Begitu juga tenggorokan yang kering memicu sakit tenggorokan atau yang disebut sebagai radang. Perbanyak minum air putih pada saat berbuka dan sahur agar tenggorokan tetap lembap dan dan tidak menyebabkan sakit tenggorokan dan batuk kering yang mengganggu. 
 

3. Kurangi Konsumsi Gorengan

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, maka baiknya Anda berhenti mengonsumsi gorengan. Makanan ini memang menjadi musuh terbesar dari sakit tenggorokan karena hanya dapat memperparah kondisi tenggorokan Anda.
 
Terlebih lagi, gorengan termasuk ke dalam kategori makanan yang bersifat “panas” yang dengan cepat dapat mengganggu kondisi kesehatan tenggorokan. Akan sangat merugikan Anda yang hendak menjalani puasa Ramadhan.
 

4. Konsumsi Sup


Saat berbuka dengan gorengan dapat memperparah sakit Anda, beralihlah dengan mengonsumsi sup hangat. Makanan ini dijamin dapat membuat sakit tenggorokan Anda berkurang.
 
Dalam semangkuk sup terdiri dari sodium yang ada pada garam, serta kaldu yang keluar pada saat merebus ayam memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan.
 
Pilihlah sup yang Anda sukai seperti sup ayam yang memberikan kehangatan dan banyak memiliki nutrisi baik untuk membantu melawan infeksi yang terjadi di tenggorokan Anda. 
 

5. Istirahat 

Cara paling mudah mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan cara istirahat. Usahakan sebentar saja untuk melakukan istirahat di siang hari dan tidur cukup pada malam hari. Pastikan tubuh Anda beristirahat dengan baik, agar dapat membantu melawan virus dan penyakit yang ada dalam tubuh. 
 

6. Menghirup Uap

Pada saat sakit tenggorokan, tubuh akan mengalami demam, pilek, batuk, dan terkadang hidung tersumbat. Solusi untuk kondisi seperti ini, Anda bisa menghirup uap untuk memperlancar pernapasan. Cara ini merupakan solusi cepat yang paling baik untuk mengatasi kondisi demam sekaligus radang tenggorokan. 
Meredakan sakit tenggorokan dengan cepat kuncinya tidak perlu cemas. Ketika mengalami sakit tenggorokan, tips di atas dapat mempercepat proses penyembuhan Anda. Jika Anda mengikuti secara benar dan langkah-langkah yang tepat, 6 tips meredakan sakit tenggorokan dengan cepat di bulan puasa ini diharapkan dapat muncul sebagai solusi.