Home  »  Review   »  
Review

Meski Mahal, 6 Produk Apple ‘Jadul’ Ini Ternyata Laris Terjual pada Masanya

Salah satu produk termahal Apple yang laris manis di pasaran, Apple LISA [Foto: businessinsider.co.id]
Bisa dibilang, produk-produk Apple memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk sejenis dari merek lain. Sebut saja ponsel, komputer, tablet, hingga ke back case-nya pun tergolong lebih mahal harganya.

Maka tidak heran jika Apple mendapat julukan “Apple Tax”, karena banyak konsumen yang rela membayar lebih mahal supaya logo Apple menghiasi produk mereka.

Ternyata, harga tinggi yang ditawarkan Apple untuk setiap produknya sudah diberlakukan di awal kemunculan perusahaan besutan Steve Jobs dan Steve Wozniak ini. Lalu, apa saja produk Apple yang termahal namun tetap laris manis di pasaran? Berikut adalah rangkuman enam produknya, seperti dilansir dari Business Insider.

1. Apple LISA (1985)

Dalam film Steve Jobs (2015) besutan Danny Boyle dan Aaron Sorkin, komputer Apple Lisa pernah dimunculkan. Dalam film tersebut, Jobs yang diperankan Michael Fassbender menghabiskan waktu di depan komputer yang dinamai Lisa, seperti nama putrinya.

Realitanya, Apple Lisa dijual senilai US$ 9.995 atau setara Rp 133 jutaan pada tahun 1985. Jika dijual tahun 2017, kemungkinan Lisa dijual US$ 24 ribu atau setara Rp 320 jutaan. Ternyata, harga mahal itu diimbangi dengan kemampuan Lisa yang merupakan komputer pertama dengan mouse dan sistem antarmuka grafis.

2. Macintosh Edisi 20 Tahun Apple (1997)


Produk Apple selanjutnya yang dibanderol mahal adalah Macintosh edisi 20 tahun Apple (Twentieth Anniversary Macintosh atau TAM). Perangkat ini dijual seharga US$ 7.499 atau setara Rp 100 jutaan pada 1997.

TAM disebut-sebut merupakan leluhur iMac. Komputer ini dibekali dengan berbagai komponen yang tertanam dalam tubuh rampingnya. Dalam satu tahun, Apple memangkas harga TAM sebesar US$ 1.995 atau Rp 26,6 juta saat membersihkan sahamnya. Saat perangkat itu terjual habis, Apple menghentikan produksi TAM.

3. Macintosh Portable (1989)

Apple mengumumkan komputer portabel alias komputer jinjing pertamanya, Macintosh Portable, pada September 1989. Meski tidak terhubung dengan kabel, komputer tersebut punya bobot seperti bola bowling yang tentunya sangat berat untuk dijinjing.

Karena ini merupakan komputer portabel pertama, mereka yang menginginkan produk ini harus membayar US$ 7300 atau setara Rp 97,3 jutaan. Jika dihitung dengan kurs saat ini ditambah inflasi dan lain-lain, Macintosh Portable bisa dihargai US$ 14.300 atau Rp 190,6 jutaan.

4. Apple LaserWriter (1985)

Apple LaserWriter merupakan salah satu printer laser pertama yang tersedia di pasar. Kehadirannya dianggap sangat membantu bagi penerbitan. Namun, harga printer laser ini sangat mahal. Tercatat, printer tersebut dijual US$ 7000 atau setara Rp 93,3 jutaan pada tahun 1985 atau setara US$ 16 ribu (setara Rp 213,3 jutaan) jika disesuaikan dengan kurs saat ini.

Pada tahun tersebut, hebatnya printer laser ini adalah sudah bisa digunakan bersama untuk sekitar selusin komputer. Oleh karenanya, printer ini dianggap cocok untuk keperluan bisnis.

5. Apple Watch Pertama (2015)

Pada 2015, Apple mulai menjual produk jam tangan Apple Watch. Harganya saat itu mencapai US$ 349 atau setara Rp 4,6 jutaan untuk model dasar. Selain itu, Apple juga menghadirkan barang-barang mahal untuk kolektor, yakni dengan kehadiran Apple Watch “Edition”.

Produk eksklusif itu dijual mulai dari US$ 10 ribu atau Rp 133,3 jutaan untuk casing rose gold. Sementara, untuk model jam dengan warna rose gold berlapiskan emas 18 karat dijual US$ 17 ribu atau setara Rp 226 jutaan.

6. Mac Pro (2013)

Apple meluncurkan desktop Mac Pro dengan harga yang sangat mahal pada 2013, yakni mencapai US$ 20.934 atau setara Rp 279 jutaan. Harga yang cukup fantastis.