News

Microsoft Luncurkan Fitur Planner Untuk Saingi Trello

[Gambar: Office.com]
[Gambar: Office.com]
Microsoft baru saja mengumumkan jika kini Microsoft Office memiliki fitur tambahan baru yaitu Microsoft Planner, sebuah software bisnis yang memungkinkan penggunanya menyusun rencana, memberikan tugas, berbagi data, update status pengerjaan, dan lain-lain. Dengan Planner, Anda juga bisa membuat struktur kerjasama tim secara efisien, baik di dalam perusahaan, sekolah, ataupun organisasi.

Berdasarkan informasi yang dilansir TechCrunch, Planner ini menggunakan konsep “Boards” (papan) untuk membuat seluruh pekerjaan terorganisir dengan baik. Jika Anda merupakan pengguna aplikasi Trello, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan fitur seperti ini. Sama seperti Trello, masing-masing papan diisi dengan kartu-kartu yang memuat informasi mengenai tenggat waktu pengerjaan, lampiran, kategori, dan percakapan. Kartu-kartu ini juga bisa disusun ke dalam kolom-kolom yang disebut “bucket.” Aspek yang paling penting dari software ini adalah “hub” di mana pengguna bisa memantau perkembangan proyeknya secara keseluruhan, dan bisa melihat siapa saja yang mengerjakan tugasnya tepat waktu dan siapa yang tertinggal.

Planner bisa dikombinasikan dengan produk Microsoft lain seperti Grup Office 365. Artinya, semua percakapan di Planner bisa diakses dan tersedia pada Outlook 2016; baik itu di Web atau pun di aplikasi mobile. Selain itu Planner juga bisa dikombinasikan dengan OneNote. Jadi, setiap perencanaan akan dilengkapi Notebook OneNote yang dibuat khusus untuk perencanaan tersebut. Software ini juga bisa digunakan dengan Microsoft office, di mana pengguna bisa melampirkan data Word, Excel, dan PowerPoint pada Kartu yang terdapat di “Board.”

Beberapa minggu ke depan, Planner sudah bisa digunakan oleh pengguna Office 365 yang telah memenuhi syarat di seluruh dunia. Dan setelah melakukan beberapa peninjauan, Microsoft menyatakan bahwa kebanyakan pengguna yang telah menggunakannya merasa puas dengan pelayanan yang diberikan Planner ini.

“Dengan Planner, kami bisa meningkatkan kerjasama tim sebanyak 20%. Kami juga bisa menyelesaikan pekerjaan dalam grup tujuh persen lebih cepat, dan orang-orang tetap saling berhubungan karena tingkat transparansi yang tinggi,” kata Miguel Pinto Luz, Mayor dari Câmara Municipal de Cascais yang dikutip dari blog Microsoft.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID