News

Microsoft Merillis Versi Terbaru Windows 10

[Gambar: theverge | www.theverge.com]
Kabar baik datang dari Microsoft. Kabarnya pihak mereka barusan merilis Windows 10 paling baru dengan nomor build 14931. Namun sayangnya,OS ini hanya tersedia untuk Fast ring Insiders sehingga hanya dapat digunakan pada PC saja.

Pasalnya, Microsoft meluncurkan produk baru ini bertepatan dengan hari jadinya yaitu pada tanggal 2 Agustus silam. Selain itu, Microsoft pun menyediakan beberapa fitur baru untuk Windows 10.

Diberitakan tiga fitur yang paling diunggulkan pada update terbaru Microsoft ini antara lain adalah Feedback Hub Update atau umpan balik Hub yang telah diperbaharui ke versi 1.1608.2441.0. Versi teranyar ini menyediakan  fitur modus gelap.

Selain Feedback Hub Update, Microsoft pun menawarkan Maps App Update yaitu perbaharuan untuk aplikasi Maps yang diupdate ke versi 5.1609.2580.0+. Kini, berlibur ke tempat yang belum pernah kita sambangi sebelumnya akan terasa lebih mudah dan menyenangkan dengan perbaharuan dari aplikasi Maps. Aplikasi navigasi lalu lintas ini pun menyediakan pengaturan tema serta cahaya dan modus gelap.

Fitur unggulan terakhir dari Microsoft adalah Send SMS dengan Skype Preview yang memperbolehkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan SMS dan MMS dari perangkat Windows 10 PC ketika Skype terhubung ke Windows 10 Phone dan ditetapkan menjadi aplikasi default untuk messaging.

Sebelumnya, Microsoft dikabarkan tengah menawarkan pengguna untuk menguji versi preview Windows 10 dengan perangkat Surface Book dan Xbox One S. Uji versi preview Windows 10 dilakukan pasalnya untuk mengetes performa Windows 10 sebelum dirilis secara resmi ke khalayak umum yang lebih luas.

Kini, Windows 10 pun kabarnya melengkapi perangkat baru dengan nama CUBE. Produk baru asal China tersebut berupa ponsel dengan harga USD299 atau Rp3,9 juta. Ponsel ini memiliki layar yang cukup besar yaitu 6,98 inci dengan dimensi 187,7 x 97,7 x 7,6 mm dan berat 248 gram.

Resolusi CUBE pun mencapai 1280 piksel x 720 piksel, dengan chipset Qualcomm Snapdragon 220 CPU @ 1.3 GHz serta RAM 2 GB. Storage-nya pun lumayan banyak yaitu 16 GB, didukung oleh microSD hingga 128 GB. Dilengkapi dengan kamera depan dan belakang  yang sama, 5 megapiksel, ponsel ini memiliki baterai non-removable yang lumayan kuat dengan 2.850 mAh.

Bahkan, pengguna pun tak usah khawatir jika memiliki dua nomor karena CUBE menyediakan Dual SIM yaitu Nano dan Micro. Dengan OS Windows 10 Mobile, ponsel ini memiliki USB Type-C.

Meskipun demikian, OS ini masih kalah dengan Windows 8.1 yang kabarnya digunakan oleh pengguna Windows Phone sampai dengan 77,3 persen. Sedangkan adiknya, Windows 8 hanya digunakan oleh 6,7 persen pengguna. Windows 7 paling sedikit digunakan dengan persentase  1,7 persen pengguna.

Smartphone terlaris ber-OS Windows adalah Microsoft Lumia 535. Meskipun perangkat menengah ke bawah, Microsoft Lumia 535 digunakan oleh 12,3 persen pengguna. Bahkan, Lumia 535 mampu mengalahkan Lumia 520 yang sempat jadi smartphone Windows yang paling banyak digunakan, yaitu 11,7 persen pada awal tahun 2016.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID