Home  »  News   »  
News

Microsoft Resmi Hapus Program MS Paint. Apa Saja Alternatifnya?

[Screenshoot: Microsoft Paint]
Saat Microsoft merilis aplikasi Paint 3D pada Windows 10 Creators Update nya, banyak yang berspekulasi bahwa cepat atau lambat Microsoft akan menghapus program Windows Paint. Kini, Microsoft mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghapus program Windows Paint dari Windows 10 Fall Creators Update yang akan datang.

Windows Paint atau MS Paint merupakan salah satu program yang dihapus dari Fall Creators Update for Windows 10, yang baru tersedia untuk pihak tertentu saja. Sebagai gantinya, Microsoft menyarankan pada pengguna Windows 10 untuk menggunakan aplikasi Paint 3D sebagai alternatif program Paint tersebut. Dengan kata lain, Anda tidak akan bisa menemukan program Windows Paint pada Windows 10 Fall Creators Update. Jika Anda menggunakan Windows 10 Fall Creators Update, maka Anda harus menggunakan Paint 3D atau software pengolah gambar pihak ketiga seperti GIMP, Picasa, Paint.net, dan sebagainya.

Mungkinkah saya tetap menggunakan program Paint?


Ya, Anda masih bisa menggunakan program paint pada Windows 10 Fall Creators Update dengan dua metode. Metode pertama adalah meng-downgrade dari Falls Creators Update ke Creators Update. Tapi, tentu saja cara ini tidaklah praktis dan cenderung sulit dilakukan.

Baca Juga:  Cara Menambahkan Akun Yahoo! Mail pada Aplikasi Windows 10 Mail

Metode kedua adalah menginstall program Paint pada Windows 10 Fall Creators Update. Untuk lebih jelasnya, silahkan mengunjungi artikel saya yang membahas rincian metode dan cara-cara yang bisa Anda coba untuk menjalankan program Paint pada Windows versi terbaru.

Apa saja aplikasi alternatif pihak ketiga untuk menggantikan Paint?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat banyak program pengolah gambar yang gratis maupun berbayar yang bisa Anda pilih. Bahkan, kebanyakan aplikasi/program pihak ketiga pada umumnya memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan canggih ketimbang program Paint. Jika Anda tidak bisa membeli software berbayar, tidak ada salahnya menggunakan program gratisan yang sudah populer seperti Paint.net dan GIMP. Berikut ini beberapa tautan untuk mengunduh program-program pihak ketiga sebagai alternatif Paint:

Apakah Anda memiliki alternatif program Paint lainnya yang tidak ada dalam daftar ini?