Home  »  News   »  
News

Microsoft Siap Tantang Amazon Echo dan Google Home Dalam Kompetisi Smart Speaker Berbasis AI

[Foto: technobuffalo.com]
Sebentar lagi Amazon Echo dan Google Home akan kedatangan pesaing baru dari Microsoft. Kabar ini berawal dari langkah Microsoft untuk memberikan akses terhadap software development kit (SDK) Cortana kepada perusahaan-perusahaan hardware pihak ketiga. Dengan begini, perusahaan-perusahaan tersebut dapat menerapkan asisten virtual Cortana ke dalam berbagai perangkat, mulai dari mobil hingga peralatan rumah tangga.


Menurut keterangan dari Microsoft, SDK tersebut akan “mengemban misi Cortana [untuk meningkatkan] produktivitas pribadi di mana pun itu dan melakukan komunikasi audio dua arah dengan Skype, Email, kalender, dan integrasi lainnya—semuanya demi membantu Cortana untuk membuat hidup lebih mudah, di mana pun Anda berada.” Microsoft juga menyatakan bahwa dengan dirilisnya SDK ini, maka peluang diterapkannya Cortana ke dalam berbagai perangkat akan semakin besar. Sama seperti Amazon Echo, para pengembang dapat membuat skill atau kemampuan baru agar Cortana dapat mengontrol berbagai perangkat maupun layanan—sebut saja layan Spotify atau Philips Hue Lights—melalui Cortana Skills Kit.

Hardware pertama yang akan menerapkan Cortana adalah sebuah speaker keluaran Harman Kardon yang targetnya akan diluncurkan pada tahun 2017 mendatang. Microsoft dan Harman Kardon sendiri sebenarnya belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai produk ini. Spesifikasi, harga, maupun ketersediaannya juga masih belum diumumkan. Yang jelas, speaker ini diaktifkan dengan menggunakan suara dan akan melibatkan layanan pihak ketiga.

Baca Juga:  Mengenal File APK Pada Android dan Cara Menginstallnya

Industri virtual assistant berbasis AI kini memang semakin panas saja. Bahkan, diperkirakan bahwa pada tahun 2020 mendatang industri asisten cerdas akan menjadi sebuah pasar yang bernilai milyaran US Dollar. Amazon Echo merupakan produk perama dalam kategori ini, yang kemudian disusul oleh kehadiran Google Home pada awal tahun ini.