News

Minggu Depan Microsoft Bakal Luncurkan Pesaing Slack, “Microsoft Teams”

[Ilustrasi: teams.microsoft.com]
Microsoft rupanya tengah mempersiapkan sebuah layanan pesaing Slack—sebuah platform produktivitas yang digunakan untuk berkomunikasi dengan tim kerja. Minggu lalu, layanan ini diperkenalkan dengan nama Skype Teams. Namun, kini penamaannya berubah menjadi Microsoft Teams. Berdasarkan informasi terbaru yang didapat, layanan ini diperkirakan akan diluncurkan minggu depan di New York.

Dari bocoran screenshot yang beredar, nampaknya Anda dapat menikmati integrasi antara layanan group chat dengan fitur-fitur Office 365 yang lainnya seperti  Word, Excel, dan PowerPoint. Layanan Skype juga telah diintegrasikan dengan Microsoft Teams, jadi Anda bisa melakukan video call dan menelpon melalui platform tersebut. Anda juga bisa menggunakan fitur Skype pada Microsoft Teams untuk melakukan pembicaraan secara privat.

[Gambar: windowscentral.com]
Tersedia juga opsi channel untuk mengkategorisasi grup, private message yang dilengkapi dengan pilihan emoji, gambar GIF dari Giphy, meme, dan lain-lain. Selain itu juga, Microsoft Teams dikabarkan akan berintegrasi dengan layanan cloud dari Microsoft, OneDrive. Fitur lain yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuan untuk membuat jadwal rapat online, yang tentunya akan sangat berguna bagi kelompok yang besar.

Semua integrasi dan fitur-fitur ini tentunya akan mempermudah pengguna dalam beraktivitas karena semuanya terdapat pada satu platform yang sama. Selain itu juga, mengingat banyaknya perusahaan yang lebih familiar atau sudah terbiasa menggunakan produk-produk Office 365, maka Microsoft Teams akan menjadi pilihan yang tepat untuk perusahaan tersebut. Bagi Anda yang sudah pernah menggunakan Slack sebelumnya, tidak akan sulit beradaptasi pada layanan ini karena secara keseluruhan interface-nya tidak jauh berbeda.

Microsoft rencananya akan meluncurkan aplikasi Microsoft Teams ini untuk perangkat Android, iOS, dan Windows Phone. Para penguji beta layanan ini sudah bisa mengunjungi situs teams.microsoft.com untuk mencoba layanan tersebut.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID