News

Mobil Swa Kemudi Google Dikabarkan Terlibat Dalam Sebuah Tabrakan

[Foto: Ron van Zuylen | Twitter.com]
Sebelumnya, kita sudah sering mendengar kasus tabrakan maupun kecelakaan yang melibatkan mobil swa kemudi dari Tesla. Tapi, rupanya baru-baru ini mobil swa kemudi Google, Lexus RX 450 SUV, juga rupanya terlibat dalam sebuah tabrakan dengan sebuah mobil van pada hari Jumat lalu (23 September 2016).

Tabrakan tersebut terjadi di El Camino Real dan Calderon Ave di Mountain View, California, ketika seorang pengendara van menerobos lampu merah dan menabrak bagian samping mobil swa kemudi Google tersebut. Ya, pada intinya kecelakaan ini lebih cenderung disebabkan karena keteledoran manusia dan bukan karena sistem otonom pada mobil swa kemudi Google-nya. Google sendiri telah mengeluarkan pernyataan mengenai kecelakaan ini:

“Sebuah mobil [swa kemudi] Google sedang berjalan di daerah utara Phyllis Ave. di Mountain View ketika sebuah mobil yang menuju ke arah barat di El Camino Real menerobos lampu merah dan menabrak sisi kanan kendaraan kami … Ribuan kecelakaan terjadi setiap harinya di Amerika Serikat, dan penerobosan lampu merah sering menjadi penyebab kecelakaan.”

Dua stasiun televisi lokal, KRON dan KPIX, melaporkan bahwa pada saat terjadi kecelakaan tersebut, mobil swa kemudi tersebut sedang berada dalam mode self-driving. Tapi tentunya staff Google yang memonitor mobil swa kemudi tersebut telah menyalakan rem ketika mobil van tersebut mulai menyeberangi persimpangan, menerobos lampu merah, lalu menabrak mobil Google.

Untungnya saja, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tabrakan ini. Satu-satunya korban adalah mobil swa kemudi yang ringsek di bagian sampingnya. Human error memang berperan dalam hampir 94%  kecelakaan yang terjadi, hal itu juga yang mendorong Google untuk terus mengembangkan teknologi otonomnya yang diharapkan dapat membuat lalu lintas semakin aman.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID