News

Mudahnya Pakai Skype Tanpa Repot Bikin Akun

[Foto: flickr.com]
[Foto: flickr.com]
Jika ingin menggunakan layanan online, biasanya Anda harus mendaftarkan akun terlebih dahulu sebelum bisa menikmati layanan online tersebut. Namun, Anda bisa melupakan repotnya melakukan login atau mendaftar baru. Karena sekarang, pengguna Skype tak wajib melakukan itu.

Jika dahulu Skype hanya bisa digunakan jika pengguna telah terdaftar atau mempunyai akun, kini siapapun dapat menggunakan Skype tanpa harus memerlukan proses login. Artinya, Anda tidak perlu repot membuat akun jika ingin menggunakan layanan panggilan video dari Microsoft ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Microsoft, yang menyatakan bahwa mereka menghadirkan pembaruan kecil namun signifikan untuk layanan video conferencing Skype for Web. Pembaruan tersebut adalah berupa tambahan fitur “Guest” yang bisa digunakan para penggunanya untuk mengobrol langsung via Skype tanpa harus login atau membuat akun terlebih dahulu.

“Hari ini kami bersemangat mengumumkan bahwa kami mempermudah dari yang pernah ada. Anda bisa terhubung dengan siapa saja melalui Skype tanpa harus melakukan registrasi atau bahkan mengunduh aplikasi,” kata tim Skype melalui pernyataan tertulisnya di blogs.skype, Rabu, 14 November 2016. Kesempatan ini bisa didapatkan siapa pun dengan menggunakan fitur “Guest” pada layanan Skype.

Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan percakapan instan secara cepat, melakukan panggilan suara ataupun panggilan video tanpa hambatan. Fitur ini sangat tepat bagi siapa pun pengguna pemula Skype dan menginginkan akses cepat memanfaatkan Skype di mana pun secara gratis.

Untuk dapat memanfaatkan fitur ini, Anda cukup mengakses situs Skype.com lalu menekan tombol “Start a conversation”. Usai membubuhkan nama, pengguna akan dikirimi tautan undangan yang dapat dikirim ke orang lain, bisa melalui media sosial ataupun e-mail. Sebagai catatan, fitur baru ini harus diakses melalui browser di komputer desktop Anda.

Kemudian, si penerima bisa mengklik tautan tersebut untuk mulai mengobrol dengan pengirim lewat aplikasi Skype atau lewat Skype for Web sebagai guest atau tamu.

Meski sifatnya hanya guest, Skype memberikan fasilitas maksimal untuk penggunanya. Tak tanggung-tanggung, fitur “Guest” memungkinkan hingga 300 percakapan, voice call, atau video call, yang melibatkan sampai dengan 25 orang. Selain itu, pengguna juga tetap bisa mengirimkan gambar untuk dibagikan dengan teman percakapan.

Mengutip dari techviral, hadirnya fitur “Guest” ini disebut untuk menjawab kebutuhan pengguna yang kerap menggunakan Skype hanya di satu perangkat dan mengandalkan auto login. Kemudahan ini nyatanya malah bikin pengguna suka lupa password, dan repot sendiri ketika harus melakukan login dari luar.

Namun memang, waktu yang diberikan Skype untuk para pengguna guest tidak seberapa lama. Layanan ini hanya memberikan waktu maksimal selama 24 jam. Selebihnya, pengguna harus login atau mendaftar baru bila ingin tetap bisa menggunakannya.

Skype yang memang sudah lama berkecimpung di dunia internet terus mengembangkan terobosan baru untuk memanjakan para penggunanya bersama dengan Microsoft. Sebelumnya, Skype juga meluncurkan aplikasi Skype For Business yang sangat berguna bagi para pebisnis untuk melebarkan sayapnya di dunia bisnis.

Skype For Business merupakan aplikasi yang menyediakan panggilan video, panggilan suara, dan dapat digunakan untuk berbagi kolaborasi dalam suatu paket. Aplikasi ini ditambahkan beberapa fitur yang lebih canggih, diantaranya bisa menemukan tempat untuk berbagi komentar, kontak yang tersimpan, pengaturan dan informasi mengenai pengguna. Semuanya dapat dicantumkan secara jelas sehingga memudahkan mitra bisnis atau rekan kerja Anda dalam mencari semua informasi.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID