News

Mulai 2017 India Wajibkan Semua Ponsel Dilengkapi Tombol Darurat

[Foto: Sandiegometro.com]
[Foto: Sandiegometro.com]
Mulai tahun depan, semua ponsel yang diperjualbelikan di India harus dilengkapi dengan fitur ‘tombol darurat’ yang bisa digunakan untuk meminta bantuan saat berada dalam situasi darurat. Sementara itu, terhitung sejak awal Januari 2018, semua ponsel harus sudah dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS).

Tombol darurat ini sendiri akan berfungsi dengan cara menekan tombol yang telah ditentukan pada smartphone, atau dengan menekan tombol 5 atau 9 pada ponsel biasa. Setelah tombol ditekan, Anda akan langsung terhubung dengan pihak kepolisian. Meskipun India belum memiliki nomor darurat semacam 911, pemerintah akan segera mensosialisasikan nomor darurat ‘112’ kepada masyarakat.

Peraturan yang dikeluarkan oleh Departemen Telekomunikasi India ini bertujuan untuk menekan angka kriminalitas dan angka kekerasan pada wanita dan anak-anak yang marak terjadi beberapa tahun belakangan ini. Menanggapi hal ini, Menteri telekomunikasi Ravi Shankar Prasad menyatakan pada pers bahwa “teknologi hadir semata-mata untuk membuat manusia bisa hidup lebih baik dan rasanya tepat sekali jika [teknologi] ini dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan wanita.”

Tingginya angka kekerasan pada wanita dan anak-anak di India memang telah menjadi sorotan dunia internasional menyusul serangkaian laporan perkosaan massal dan beberapa kasus kekerasan. Menurut statistik yang dikeluarkan pemerintah, tercatat ada lebih dari 330.000 kasus kekerasan yang terjadi pada wanita di tahun 2014. Angka ini meningkat 9% dari tahun sebelumnya.

Sebelum munculnya peraturan ini, tingkat kekerasan yang begitu tinggi ini pun mendorong banyak perusahaan untuk mengembangkan aplikasi dan servis yang bisa mempermudah wanita untuk meminta bantuan. Di antaranya adalah Safetipin, bSafe, iSafety, TellTail, dan Delhi Police’s Himmat. Beberapa aplikasi seperti SAFER by Leaf Wearables bahkan terhubung dengan perhiasan cerdas dan alat yang bisa dipakai.

Rupanya, bukan India saja yang memanfaatkan teknologi tombol darurat ini. Di Indonesia juga, terknologi ini sudah diterapkan di kota Bandung. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi android lokal bertajuk “X-igent Panic Button”, lalu menekan tombol “SOS” pada layar aplikasi. Dalam hitungan menit, polisi pun akan segera datang ke tempat anda berada. Aplikasi ini terhubung langsung dengan Bandung Command Center sehingga memungkinkan adanya respon cepat dari pihak kepolisian.

Semoga saja langkah antisipasi pemerintah ini dapat membantu mengurangi tindak kekerasan, menekan angka kriminalitas pada seluruh lapisan masyarakat, dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sejahtera.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID