Home  »  Review   »  
Review

Mulai dari Tempat Favorit Bagi Para Ilmuwan Hingga Jadi Lokasi Paling Kering di Dunia, Inilah 8 Fakta Menarik dari Antartika

[Foto: nasa.gov]
Jika mendengar kata Antartika, maka satu kata yang paling mewakilkannya adalah dingin. Meski demikian, ternyata banyak hal menarik lainnya yang bisa Anda temui di benua ini.

Begitu banyak misteri yang tersimpan di Antartika yang mungkin akan membuat Anda tercengang. Penasaran seperti apa saja? Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir dari The Richest.

1. Suhu rata-rata minus 51 derajat Celcius

Tidak mengherankan jika Antartika adalah tempat terdingin di dunia. Suhu rata-ratanya saja sekitar minus 51 derajat Celcius. Bulan terdingin di Antartika adalah Juli, yakni dengan suhu rata-rata minus 60 derajat Celcius hingga minus 63 derajat Celcius. Bahkan, temperatur terdingin yang pernah tercatat adalah suhu minus 89,2 derajat Celcius.

2. Tempat paling kering di dunia

Meski Antartika adalah tempat yang tertutup es dan salju, suhu yang sangat dingin justru menjadikannya tempat paling kering di Bumi. Di benua tersebut terdapat sebuah tempat bernama lembah kering McMurdo atau McMurdo Dry Valleys.

Karena dikelilingi pegunungan, maka lembah-lembah ini bebas dari salju. Sehingga, tempat ini sebenarnya adalah gurun pasir, tetapi dengan pasir paling keras dan memiliki kelembapan sangat rendah. Tak ada organisme yang mampu hidup di tempat ini, lebih dari bakteri-bakteri mikro yang menghuni batuan dasar.

3. Merupakan bongkahan es terbesar di dunia


98 persen Antartika diselimuti oleh es dengan ketebalan rata-rata hampir 1,5 kilometer. Total, es tersebut menyelimuti 14 juta kilometer persegi dari daratan Antartika. Jika es ini tidak ada, maka Antartika sama sekali tidak akan jadi benua.

4. Menyimpan 70 persen air segar di Bumi

90 persen es yang ada di Bumi dimiliki Antartika. Karena area es yang luas tersebut, 70 persen air segar yang ada di Bumi praktis ada di Antartika. Hal ini membuat jika semua es di Antartika meleleh, air laut akan naik 60 meter.

5. Memiliki sebuah gunung berapi aktif

Dibalik tumpukan es yang ada di Antartika, ada sebuah gunung berapi aktif bernama Erebus. Erebus adalah gunung tertinggi kedua di Antartika setelah gunung volkano tidak aktif yang bernama Mount Sidley. Erebus berada di sebuah pulau bernama Ross Island, di mana di pulau itu memiliki tiga gunung berapi lain bernama Mount terror, Mount Bird, dan Mount Terra Nova.

6. Tempat favorit bagi para ilmuwan untuk lakukan penelitian

Antartika tidak memiliki suku asli yang mendiami wilayah tersebut. Namun, ada 4.000 orang ilmuwan di sana untuk melakukan berbagai penelitian dari setiap aspek Antartika. Bahkan di musim dingin, masih ada 1.000 orang ilmuwan yang tetap tinggal.

7. Tidak ada siang hari di musim dingin, dan tidak ada malam hari di musim panas

Karena jauh dari garis Khatulistiwa, tidak ada matahari muncul di musim dingin di Antartika. Karena kemiringan Bumi, malam hari di sana lebih dari 24 jam. Sebaliknya, di musim panas tidak akan ada malam hari di Antartika. Bahkan ketika waktu menunjukkan tengah malam, matahari masih akan muncul.

8. Dihuni oleh banyak binatang

Suhu beku di Antartika tidak membuat beberapa hewan pergi dari sana. Karena minimnya predator, justru banyak yang tinggal di tempat tersebut. Seperti penguin yang terdapat  7 spesies di sana. Hal ini membuat Antartika memiliki koloni penguin terbesar di dunia.

Meski demikian, Antartika juga merupakan rumah bagi predator seperti anjing laut leopard, yang merupakan pemangsa penguin nomor satu. Namun, hewan ini cukup ramah kepada manusia. Selain itu, paus pembunuh atau Orca juga salah satu penduduk lautan Antartika. Ilmuwan memperkirakan, terdapat 40 ekor paus orca di lautan Antartika.