News

Mulai Juni 2016 Anda Bisa Jalankan Semua Aplikasi Android di Chrome OS

[Foto: omgchrome.com]
[Foto: omgchrome.com]
Google mengumumkan pada konferensi pengembang I/O, bahwa Play Store akhirnya hadir juga di Chrome OS. Artinya, Anda bisa memasang dan menjalankan aplikasi Android Anda secara virtual dengan Chromebook dan Chromebox Anda.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Google telah cukup lama mengerjakan proyek ini. Sebelumnya, Anda juga sudah dapat menjalankan beberapa aplikasi Android pada Chrome OS. Meskipun begitu, proyek baru ini menggunakan teknologi yang sangat berbeda. Kan Liu, direktur manajer produksi Chrome OS, menyampaikan pada TechCrunch bahwa versi awal proyek ini menggunakan ARC (the Android Runtime for Chrome) dan Native Client.

“Tapi karena itu bukanlah sebuah implementasi asli, jadi para pengembang aplikasi harus melakukan sesuatu untuk membuatnya bekerja,” katanya. “Hal itu tidak berjalan dengan baik bagi banyak pengembang.”

Oleh karenanya, mereka akhirnya mengambil pendekatan yang sangat berbeda. Android pada Chrome OS kini berbasis Linux Container dan pengembang pun tidak perlu melakukan apapun untuk membuat aplikasinya bisa bekerja. Berkat pendekatan ini juga, tidak perlu ada emulasi sama sekali. Jadi performa aplikasi pun tidak akan dikorbankan. Baik Chrome OS dan Android akan menggunakan kernel dan resource yang sama di mesin Chrome OS.

Meskipun Google telah mengumumkan dukungan Play Store di Chrome OS, fitur ini tidak akan langsung tersedia bagi pengguna. Fitur ini akan tersedia bagi para pengembang pada bulan Juni berbarengan dengan diluncurkannya N53.

Pada awalnya, fitur ini hanya bisa berfungsi pada sejumlah perangkat yang kebanyakan memiliki layar sentuh seperti Chromebook Pixel, Asus Chromebook Flip, dan Acer R11. Alasan kenapa fitur ini difokuskan pada perangkat yang memiliki layar sentuh adalah agar pengembang Android memiliki kesempatan untuk menambahkan dukungan keyboard untuk aplikasi mereka sebelum dirilis secara luas. Sebenarnya, mereka tidak harus melakukan ini, tapi hal tersebut akan mempermudah penggunaan aplikasi Android pada Chrome OS.

Sebuah Chromebook bisa menjalankan aplikasi Android layaknya ponsel atau tablet Android. Mereka akan mendapatkan akses ke file sistem Chrome OS, WiFi, dan juga Bluetooth. Chrome OS juga akan mendukung notifikasi standar, in-line reply, dan balon chat a la Facebook. Liu juga menjelaskan bahwa aplikasi ini akan tetap memiliki kemampuan offlinenya. Misalnya, Anda bisa menyimpan foto dari aplikasi Google Photos jika ingin menyimpan foto untuk dilihat secara offline. Hal ini berlaku juga untuk aplikasi lain seperti Google Play Music, Spotify, Adobe Creative Cloud, dan sebagainya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID