News

NBA Memungkinkan Menonton Pertandingan Dengan VR

[Gambar: theverge | theverge.com]
NBA adalah liga olahraga professional yang paling maju dalam teknologi. Buktinya, tahun terakhir ini bekerja sama dengan NextVR untuk streaming pertandingan pertama musim 2015-2016 dalam virtual reality. Belum lama ini, kedua belah pihak NBA dan NextVR akan satu langkah lebih lanjut untuk menggabungkan olahraga dan teknologi. Mulai musim ini, NBA Digital dan NextVR akan livestreaming satu pertandingan per minggu dengan headset aksesoris VR.

NextVR berupaya mengembangkan virtual reality sebagai media hiburan. Untuk berlangganan tahunan, kita perlu merogoh kocek sebanyak $ 200 (sekitar Rp 2,6 juta) untuk dapat mengakses NBA League Pass, layanan streaming yang memungkinkan kita menonton pertandingan secara langsung dan on-demand pada smartphone, tablet, set-top boxes dan web dengan headset VR Samsung.

Liga NBA bekerjasama dengan NextVR musim lalu untuk livestreaming pertandingan dengan VR. Namun sayangnya dengan begitu, pandangan kita hanya terbatas 180-derajat bidang pandang. Meskipun demikian, NextVR mengatakan bahwa akan ada beberapa konten 360 derajat.

NextVR, perusahaan yang berbasis di Laguna Beach ini bertujuan untuk membuat virtual reality utama. Perusahaan teknologi ini bekerja dengan Live Nation untuk streaming konser di VR bagi penggemar di seluruh dunia. Danny Keens, VP Konten dan Kemitraan di NextVR, mengatakan bahwa kemitraan dengan NBA hanyalah awal, NextVR  akan bermitra dengan banyak liga olahraga lain untuk menciptakan lebih banyak pengalaman dalam menikmati olahraga dan teknologi.

Rencananya, NextVR akan menawarkan streaming satu pertandingan setiap minggu di VR. Keens mengatakan bahwa ide utama dari rencananya ini adalah menghasilkan lebih banyak game mingguan sebagai peningkatan kemitraan. Namun terbersit pertanyaan, apakah penggemar NBA benar-benar ingin dan butuh pengalaman menikmati olahraga dengan cara demikian?

Keens mengatakan bahwa hal pentingnya adalah bahwa mereka dapat memastikan penggemar memiliki akses yang mudah. Sehingga mereka pun menghadirkan fitur selama penggemar sedang menonton di VR. Fitur- fiturnya tak lain adalah komentar langsung, skor, statistik real-time, shot-jam dan surround sound yang mirip dengan apa yang kita dapatkan dengan menonton olahraga pada platform yang lebih tradisional.

Pihak NBA sendiri tampak bersemangat dengan rencana virtual reality yang dapat menawarkan pengalaman baru bagi penggemarnya. Bulan lalu, liga ini merilis sebuah film dokumenter VR berdasarkan 2016 NBA Finals, sebuah film 360 derajat yang dapat didownload secara gratis pada Gear VR.

“NBA telah mencoba virtual reality beberapa tahun ini,” kata Jeff Marsilio, Wakil Presiden Media Distribusi Global NBA. “Dan sementara, kita telah belajar banyak dari percobaan kami dengan virtual reality. Sejauh ini, kami merasa kami perlu untuk membuat komitmen yang lebih besar untuk benar-benar mendukung inovasi teknologi.”

Untuk meyakinkan diri sebelum merogoh kocek $ 200 untuk Liga Pass, NBA menawarkan uji coba pada tanggal 27 Oktober, selama pertandingan antara Spurs dan Kings menggunakan headset aksesoris VR dengan smartphone yang kompatibel.

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID