News

Nokia Resmi Akuisisi Perusahaan Gawai Kesehatan Withings

[Foto: Withings.com]
[Foto: Withings.com]
Nokia siap merogoh dana sebesar 170 juta euro, atau sekitar Rp 2,5 Trilyun untuk mengakuisisi produsen gawai kesehatan asal Perancis, Withings. Akuisisi ini menandai usaha Nokia untuk terjun lagi ke dalam pasar konsumen dan memasuki industri gawai kesehatan.

Dengan akuisisi ini, tentunya portofolio perusahaan asal Finlandia ini akan bertambah secara signifikan terutama dalam hal gawai kesehatan. Withings sendiri akan membawa 200 karyawan dan produknya — termasuk Activité smartwatch, E-ink fitness tracker, dan Bluetooth thermometer — untuk bergabung ke dalam divisi yang melahirkan Ozo Camera and N1 Tablet, yakni divisi Nokia Technologies.

Mengenai akuisisi ini, dalam pernyataannya CEO Nokia Rajeev Suri mengatakan bahwa “[Nokia] selalu merasa bahwa industri kesehatan digital merupakan daerah tujuan strategis bagi Nokia, dan kini kami mengambil tindakan nyata untuk memanfaatkan peluang di pasar yang besar dan penting ini.” Ia pun percaya bahwa dengan akuisisi ini, Nokia dapat memperkuat posisinya di Internet of Things dengan cara memanfaatkan kekuatan dari brandnya yang sudah terpercaya. Selain itu juga, adanya kehadiran produk gawai kesehatan dinilai sesuai dan sangat tepat untuk menarik kembali hati konsumen dengan cara memberikan perubahan yang berarti di dalam kehidupan mereka.

Senada dengan pernyataan sebelumnya, Cédric Hutchings selaku CEO Withings juga menyuarakan semangatnya untuk segera “membangun masa depan kesehatan digital bersama dengan Nokia.” Ia menambahkan bahwa “[Withings] sangat terkesan dengan rencana yang telah disiapkan Nokia … dan akan segera mulai bekerja sama untuk menghasilkan produk dan inovasi yang luar biasa.”

Akuisisi dengan Withings tentunya akan memacu Nokia untuk masuk lebih dalam ke pasar konsumen teknologi, tetapi CEO Nokia mengatakan bahwa perusahaannya tidak akan terburu-buru dalam membangun kembali brandnya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID