Tips & Guide

Nomor Kontak Hilang di Android? Tenang Saja, Ini Cara Mudah Mengembalikannya

Nomor kontak merupakan suatu hal yang sangat penting untuk disimpan karena nomor inilah yang akan digunakan untuk menghubungi teman, keluarga, dan rekan kerja yang penting. Saat nomor kontak hilang, maka Anda akan kesulitan untuk menghubungi orang tersebut dan kondisi seperti ini sangat tidak menyenangkan.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat nomor kontak di Android hilang?

Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan nomor kontak yang hilang di Android. Berikut ini cara dan langkah mudah yang bisa Anda lakukan saat nomor kontak hilang di Android.

1. Pastikan Tidak Ada Kontak yang Tersembunyi

Langkah yang pertama, mulailah membuka daftar kontak yang ada di Android.

Kemudian pilih menu yang biasanya disimbolkan dengan 3 titik yang berada di layar sebelah kanan atas. Ada juga sebagian smartphone bertuliskan “More” untuk membuka menu yang ada dan letakknya juga di sebelah kanan atas layar.

Anda perlu memilih Setting dan pilih Contact. Jika sudah, maka pilihlah Contact to Display.

Pada pilihan Contact to Display, Anda bisa memilih kontak mana yang akan ditampilkan. Anda bisa memilih kontak yang tersimpan di ponsel, kartu SIM, aplikasi, dan e-mail. Dalam hal ini, Anda bisa menampilkan seluruh kontak yang tersembunyi dengan memilih All Contact. Saat ini dipilih, maka semua kontak yang dipilih akan muncul pada daftar kontak yang ada.


2. Gunakan Akun Google Mail

Jika Anda sudah menggunakan cara di atas dan kontak yang hilang tidak juga ditemukan, maka bisa menggunakan cara yang kedua ini. Caranya adalah dengan mengambil kontak yang pernah disimpan di akun Google Mail. Akun Gmail memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai kontak yang pernah disimpan di Android.

Hal yang perlu dilakukan agar fitur di atas berfungsi adalah dengan melakukan sinkronisasi perangkat Android dengan Akun Gmail yang dimiliki. Jika Anda menggunakan cara ini, maka besar kemungkinan bisa mendapatkan kembali kontak-kontak yang pernah disimpan.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan masuk ke inbox Gmail melalui komputer. Lihat pada sisi atas sebelah kiri layar, pilihlah Gmail dan pilih menu Contact.

Setelah itu, Anda bisa melihat menu di bawah bar pencarian dengan tulisan “More”. Pilihlah ini dan kemudian pilih Restore Contacts.

Kemudian, Anda akan menemukan pilihan untuk menyimpan kontak yang pernah disimpan pada berbagai periode waktu mulai dari 10 menit yang lalu, sampai 30 hari yang lalu.

Tentukan pilihan, kemudian Anda tinggal memilih Resync untuk melakukan sinkronisasi ulang perangkat Android yang Anda miliki.

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara melakukan back up data yang ada di perangkat Android. Cara ini bisa dilakukan dengan adanya bantuan dari Google.

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan masuk ke Setting, kemudian pilih Backup and Reset. Dengan cara seperti ini, maka seluruh kontak yang ada di perangkat Android akan tersimpan pada akun Google yang Anda miliki.

Bagaimana mudah sekali bukan?

Langkah di atas bisa Anda terapkan untuk mengembalikan nomor kontak yang hilang atau terhapus. Anda tidak perlu panik lagi di saat kontak dengan keluarga atau teman hilang pada perangkat Android yang Anda miliki.

Semoga informasi yang saya sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat.

Selamat mencoba!