News

Oculus Berkolaborasi Dengan Disney Untuk Produksi Konten Virtual Reality

[Foto: engadget.com]
Oculus, pengembang teknologi virtual reality milik Facebook, mengumumkan proyek kolaborasi terbarunya dengan Disney. Pada awalnya, virtual reality memang begitu erat kaitannya dengan video games. Tapi, pada kenyataannya teknologi ini telah menarik banyak perhatian dari berbagai industri seperti: ritel, travel, pendidikan, kesehatan, dan hiburan. Hal ini bisa terlihat dari rencana Oculus untuk merilis konten-konten virtual reality yang berdasarkan tokoh-tokoh Disney pada akhir tahun ini.

“Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Walt Disney Studios, salah satu nama besar di bidang storytelling,”¬†ujar¬†Yelena Rachitsky, content producer Oculus, pada perhelatan Oculus Connect developer summit. Kolaborasi antara Oculus dengan Disney ini diklaim akan meningkatkan persaingan di industri virtual reality sekaligus mematok standar yang lebih tinggi pada industri ini. Yelena juga menambahkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan Disney untuk membuat serangkaian serial virtual experience berdasarkan tokoh-tokoh Disney. Kedua perusahaan tersebut tidak menginformasikan rincian mengenai proyek mereka itu, namun sepertinya kurang lebih formatnya akan terlihat seperti animasi VR pendek dari Oculus Story Studio yang berjudul Henry. Film animasi ini bahkan memenangkan Emmy award, yang tentunya menunjukkan potensi VR untuk mendobrak pasar dan menghandirkan konten yang berkualitas.

Dalam konferensi tersebut, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengkonfirmasi bahwa Oculus telah menghabiskan $250 juta pada komunitas developer untuk membuat konten VR, dan juga mengucurkan dana tambahan sebesar $250 juta untuk mendanai konten tambahan. Dia juga menambahkan, untuk dapat menghasilkan lebih banyak konten VR pendidikan, pihaknya pun telah mengucurkan dana pendidikan sebesar $10 juta. Selain itu, Oculus juga memberikan dana $10 juta untuk mendanai berbagai program seperti VR for Good dan Diverse Filmmakers Project.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID