News

Oculus Perkenalkan “Quill”, Tool Untuk Melukis Karya 3D Di Dalam VR

[Gambar: oculus.com]
Sudah bukan zamannya lagi menggunakan perangkat virtual reality (VR) hanya untuk main game atau menonton video saja. Sekarang, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berkreasi dan membuat karya seni. Oculus sendiri sudah mengumumkan bahwa mereka akan segera meluncurkan Quill, sebuah tool untuk membuat kisah dengan ilustrasi 3D di dalam VR. Quill versi beta ini akan dirilis secara gratis ke publik pada tanggal 6 Desember mendatang, bersamaan dengan diluncurkannya perangkat motion controller Touch dari Oculus yang dibanderol harga $200 (setara Rp 2,6 juta). Tool ini sebenarnya kurang lebih serupa dengan aplikasi Google Tilt Brush yang juga diluncurkan secara gratis bagi pengguna HTC Vive.

Berawal mula dari animasi berjudul Dear Angelica yang diproduksi dengan perangkat Oculus VR, kini tool yang pada awalnya hanya digunakan oleh kalangan profesional dapat digunakan oleh publik yang lebih luas. Dalam pembuatan karyanya, seniman VR dapat memilih berbagai jenis kuas dan warna, lalu memenuhi area di sekelilingnya dengan sapuan kuas dan gambaran virtual. Semua ini bisa dilakukan berkat adanya controller Oculus Touch dan headset Oculus Rift. Dengan tool ini, para seniman kini dapat bebas untuk bekreasi tanpa harus terhalang oleh batasan-batasan fisik. Semua sudut dan semua ruang bisa digunakan sebagai kanvas.

Baca Juga:  Facebook Sediakan Fitur Emoji di Dalam Video Virtual Reality

Dalam pernyataannya, Oculus menjelaskan bahwa tool ini sama sekali tidak menambahkan atau mengubah hasil karya seniman yang menggunakannya dalam bentuk apapun. Semua bentuk dan coretan dapat sepenuhnya dikontrol dan dibentuk oleh seniman tersebut. “Ini artinya, Quill memungkinkan seniman untuk melihat keunikan style [gambar] mereka, tanpa filter.”

Memang, karya yang dihasilkan dengan perangkat ini tidak kalah memukau dengan karya yang dibikin secara konvesional. Tidak percaya? Anda bisa melihat sendiri hasilnya di sini.