Home  »  News   »  
News

OnePlus Pun Terjangkit Virus Dual-Camera

Muda dan berbahaya, titel itu sempat disematkan pada OnePlus di awal kemunculannya dan masih ada yang mengibarkan panji itu hingga sekarang. Pasalnya, OnePlus sejak awal kemunculannya melabeli smartphone buatannya sebagai ‘flagship killer’. Rasa percaya diri yang tinggi itu pun menuntun nama vendor yang masih bersaudara dengan Oppo dan Vivo itu terdengar sampai jauh ke lebih dari 40 negara, kendati OnePlus baru berdiri di akhir tahun 2013.

Sekadar memutar kembali ingatan Anda, smartphone perdana OnePlus bernama One direspons cukup baik oleh masyarakat. Dengan banderol yang cukup terjangkau – saat itu mulai Rp4 jutaan, OnePlus One langsung mencuri perhatian karena spesifikasinya menyamai bahkan melampaui sejumlah ponsel pintar yang dilabeli premium oleh produsennya. Handset 5,5 inci itu punya CPU Qualcomm Snapdragon 801, RAM 3GB, dan shooter kamera 13MP. Fenomenalnya OnePlus One berlanjut ketika dua saudaranya, yaitu OnePlus 2 dan 3, lahir.

Di usianya yang akan mencapai angka empat tahun ini, apa yang disiapkan anak perusahaan BBK Electronics itu? Dari kabar yang kami dengar, bakal dirilis OnePlus 5. GSMArena menuliskan bahwa ponsel itu digadang-gadang bisa menjadi flagship killer selanjutnya. Soalnya, ponsel yang diketahui mengusung seri A5000 itu diisukan memiliki CPU Qualcomm Snapdragon 835, RAM 6GB atau 8GB, dan memori internal hingga 256GB. Sedangkan tenaganya sepertinya bakal disuplai dari baterai berkapasitas 3.000mAh. Kalau dari segi layar, OnePlus 5 yang kemungkinan berukuran 5,5 inci diyakini mengusung layar sentuh beresolusi QHD (2560×1440).

Yang menarik, OnePlus kabarnya tak cuma menyediakan kamera biasa di gadget yang disebut hanya setebal 7mm itu. Ada kamera ganda yang menghiasi bodi belakang OnePlus 5. Dari render yang disebarkan oleh GSMArena, tampak dua sensor kamera itu diposisikan berjajar secara vertikal, sedikit berbeda dengan flagship yang sudah dulu keluar seperti iPhone 7 dan Asus ZenFone 3 Zoom.


Bocoran render OnePlus 5 [Foto: GSMArena]
Jika bocoran ini benar, maka OnePlus 5 bakalan menjadi karya pertama dari pabrik yang didirikan oleh Pete Lau dan Carl Pei itu. Kehadirannya jelas bakal meneruskan tradisi OnePlus yang suka menggebrak dengan produk-produk revolusioner, sebut saja OnePlus 2 dengan jeroannya yang garang dan 3 dengan kecepatan pengisian dayanya yang tak bisa diremehkan. OnePlus 5 pun bisa menjadi obat dari fans brand tersebut yang beberapa bulan terakhir hanya disuguhi oleh produk ‘kelas dua’, seperti OnePlus 3T dan X.

Seperti yang mungkin sudah Anda sadari, smartphone dual-camera sedang digemari vendor-vendor smartphone global. Selain Apple dan Asus, pabrik dari Tiongkok seperti Huawei juga punya produk serupa. Shooter utama P10, misalnya, dibikin bersama Leica dan mengusung 20MP + 12MP. Sementara kompatriot OnePlus yang juga masih muda, Xiaomi, punya Redmi Pro dengan dual-camera 13MP+5MP.

Nah yang sedikit berbeda justru dilakukan oleh Vivo dan Oppo. Karena keduanya suka memanjakan masyarakat pencinta selfie, maka mereka menyediakan dual-camera di bagian depan. Oppo F3 Plus pun head-to-head dengan Vivo V5 Plus.

Mengenai potensi OnePlus melewati seri keempat, konon vendor dari Tiongkok itu mengusung tetraphobia. Tetraphobia sendiri merupakan kekhawatiran berlebih terhadap angka empat. Tak sedikit yang meyakini bahwa angka empat merupakan angka pembawa sial dan identik dengan kematian. Takhayul yang paling umum di daerah Asia Timur, termasuk Jepang, Korea, dan Taiwan, ini sepertinya memengaruhi OnePlus agar tidak terjerembab dalam kesialan di bisnis ponsel.