Home  »  News   »  
News

Oppo Luncurkan F3 Plus Selfie Expert, Smartphone dengan Spesialisasi Group Selfie

[Foto: Oppo]
Kamera smartphone dengan fitur yang menunjang selfie sempurna nampaknya makin jadi tren. Beberapa brand berlomba-lomba meluncurkan produk dengan menonjolkan kemampuan selfie-nya. Setelah Vivo V5 Perfect Selfie diluncurkan beberapa minggu lalu, kali ini giliran Oppo yang memperkenalkan produk barunya.

Pada hari Kamis, 23 Maret 2017 kemarin, Oppo meluncurkan produk terbarunya yang termasuk dalam lini seri Selfie Expert, yakni Oppo F3 Plus. Smartphone ini mengusung teknologi dual-front selfie camera dengan lensa bersudut 120 derajat yang merupakan pertama di seri ini. Oppo F3 Plus akan dirilis untuk pasar Indonesia pada tanggal 1 April 2017, dengan harga Rp6.499.000.

Menurut klaim Oppo di siaran pers yang diterima Labana, dual-front selfie camera Oppo F3 Plus akan menjawab kebutuhan kaum urban yang menginginkan hasil foto selfie sempurna dengan kamera depan 16MP, serta foto group selfie dengan lensa kamera yang memiliki sudut lebar 120 derajat.

[Foto: Oppo]
Oppo juga bekerja sama dengan Sony untuk mengembangkan sensor IMX398 yang telah terkustomisasi dan tersemat pada kamera belakang Oppo F3 Plus untuk pengalaman fotografi yang terbaik. Oppo F3 Plus merupakan smartphone premium yang efisien, tahan lama, kuat, dan stylish untuk menjawab kebutuhan para pengguna di zaman yang serba mobile ini.

Oppo Vice President and Managing Director of International Mobile Business, Sky Li mengklaim bahwa Oppo merupakan pemimpin industri dalam era revolusi selfie melalui seri F Selfie Expert. Hal ini, kata dia dalam keterangan tertulisnya, memungkinkan Oppo untuk berkembang dengan pesat di Asia Tenggara dan sekitarnya, dan bahkan menjadi nomor dua brand smartphone di Indonesia pada akhir kuartal 2016. Kamera Oppo F3 Plus diklaim akan menjadi pelopor tren group selfie, dan akan semakin memperkuat posisi Oppo sebagai selfie expert.


“Oppo F3 Plus dibuat untuk kaum urban, penggemar selfie, serta lifestyle guru yang menginginkan foto selfie sempurna melalui terobosan teknologi dual-front selfie camera pada smartphone. Oppo F3 Plus juga dilengkapi dengan performa maksimal, desain premium, serta daya tahan baterai yang lama,” tambah Sky Li.

Lensa wide-angle dan dual-front selfie camera diharapkan akan memberi pengalaman fotografi yang berkualitas tinggi bagi pengguna F3 Plus.

Fokus Oppo dalam teknologi pengambilan gambar selfie dimulai sejak pertama kali memasuki industri smartphone pada sembilan tahun yang lalu, saat brand lain belum fokus tren selfie.

Kamera depan 16MP Oppo terinspirasi dari teknologi pada seri F1s Selfie Expert. Pada inti kamera terdapat sensor 1/3-inch yang dapat membantu meningkatkan pencahayaan dan ketajaman hasil gambar. Bukaan f/2.0 yang besar memungkinkan pengguna untuk mendapatkan efek kedalaman terbaik – kombinasi fokus permukaan yang jelas dengan keburaman latar belakang.

Menurut keterangan dalam siaran persnya, sebagai senjata rahasia untuk group selfie, untuk pertama kalinya di pasaran Oppo menyematkan kamera 8MP dengan lensa bersudut kelebaran 120 derajat yang dapat menangkap gambar 105 persen lebih luas dari lensa 80 derajat yang biasanya digunakan pada smartphone modern. Dilengkapi dengan lensa kamera 6P, hal ini memungkinkan lebih banyak orang yang tertangkap kamera dengan minimum distorsi. Kamera depan OPPO F3 Plus juga memiliki sensor 1/4-inch.

Kamera group selfie pada Oppo F3 Plus sengaja dibuat sebagai cerminan dari filosofi user-oriented. Kamera ini fitur Smart Facial Recognition, yang memungkinkan Oppo F3 Plus untuk secara otomatis  memberitahu pengguna untuk pindah ke mode group selfie jika ada lebih dari tiga orang pada frame. Pengguna dapat mengambil foto group selfie dengan mudah tanpa mengganggu stabilitas gambar ketika mengambil selfie dengan satu tangan.

Kamera belakang OPPO F3 Plus menawarkan performa fotografi yang mengandalkan fast focusing speed, pengurangan noise, dan performa low-light. Untuk semakin memaksimalkan performa kamera belakang 16MP, OPPO menyematkan sensor 1Ž2.8-inch IMX398 dengan teknologi dual PDAF – Phase Detection Autofocus, yang merupakan hasil pengembangan dengan Sony. Oppo mengklaim, penambahan itu akan menjadikan fokus pada perangkat 40 persen lebih cepat bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Dilengkapi dengan bukaan f/1.7, hasil gambar akan lebih jelas dan tajam.